Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

5 Posisi Tidur Yang Baik dan Sehat

cara dan posisi tidur yang baik aman dan sehat
5 Posisi tidur yang baik dan sehat  - Posisi tidur kita seringkali tidak kita perhatikan. Kebanyakan orang tidur dengan posisi mana yang enak menurut dirinya. Perlu diketahui bahwa bukan berarti posisi tidur yang enak dan nyaman menurut sobat itu merupakan posisi tidur yang benar loh. Karena ada beberapa posisi tidur yang mnurut pakar itu sehat dan benar dan ada posisi tidur yang tidak sehat serta tidak baik bagi kesehatan kita.

Menurut para pakar/ahli yang kami ambil dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada beberapa posisitidur yang baik dan sehat, namun disisi lain juga ada kelemahannya yang tidak baik bagi tubuh. Posisi tidur seperti apakah itu? Berikut ini belajar kreatif bagikan beberapa posisi tidur yang memiliki plus minus bagi tubuh kita.

Tidur Miring
Posisi tidur dengan badan miring baik juga untuk menghindari beberapa penyakit. Namun, disisi lain juga tidak baik bagi tubuh. Nah berikut uraianya.

Kelebihan: Posisi  tidur miring efektif menghindari sakit leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkuran. Posisi ini juga sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung karena akan memperlancar aliran darah.

Kekurangan: Posisi ini tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara. "Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tak seimbang mengganggu elastisitasnya," kata Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dermatologi di Saint Louis University.

Tidur Telentang
Kelebihan: Tidur telentang merupakan posisi tidur yang baik dan sehat. Posisi tidur telentang dapat menghindari rasa sakit di area leher, sakit punggung, membantu mencegah keriput di wajah dan payudara , meredam masalah di perut, menjaga tulang punggung agar tidak melengkung. Dengan menggunakan bantal dengan ukuran sedang posisi tidur telentang untuk menyangga kepala agar kerongkongan lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.

Kekurangan:  Posisi ini tidak baik untuk mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Tidur Setengah Duduk

tidur dengan posisi setengah duduk memang tidak disarankan, namun dapat memberikan efek positif bagi sebagian orang.

Kelebihan : Posisi tidur setengah duduk ini sangat baik untuk wanita hamil dan mereka yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernapasan. Menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara.

Meski bukan posisi tidur yang disarankan, tidur dengan ganjalan bantal hinggung punggung juga

Kekurangan: Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernapasan diafragma," kata Dody Chang, seorang ahli akupunktur berlisensi dari Center for Integrative Medicine di Greenwich Hospital, Connecticut”.

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah mendengkur. (kata Eric Olson, MD, direktur Mayo Clinic Center yang fokus menangani masalah tidur, di Rochester, Minnesota ).
Namun, posisi tidur tengkurap merupakan posisi tidur paling buruk menurut beberapa pakar. Tidur dengan perut menempel di kasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral.

Posisi tersebut juga akan memicu sakit leher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama. Tapi posisi ini sangat baik untuk mereka yang punya masalah mendengkur parah.

Tidur Islami, mengikuti cara Nabi SAW
Salah satu cara tidur yang dianjurkan menurut islam yaitu tidur mengikuti cara tidur Nabi Muhammmad SAW. Yaitu;
  • Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud.
  • Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan.
  • Terus berdzikir sampai jatuh tertidur.
  • Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman.
  • Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, mengunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.
Itulah beberapa cara tidur yang baik dan sehat yang dianjurkan buat sobat semua. Semoga ini bermanfaat.
5 Posisi Tidur Yang Baik dan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif