Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mudah Mengamankan Data Komputer-Laptop

Komputer merupakan tempat dimana kita banyak menyimpan data di dalamnya. Dari data yang penting dan sifatnya sangat private sampai data yang dianggap tidak penting semua sering kita simpan didalam hardisk komputer. Selain lebih simple dan mudah, alasan lain kita lebih memilih menyimpan data di dalam komputer karena ruang yang tersedia juga besar dan mudah untuk kita temukan jika suatu saat membutuhkan data itu. Namun, yang jadi masalah adalah data tersebut tidak terjamin keamanannya dan rawan pencurian data. Serangan umum yang sering membuat data kacau atau rusak adalah virus dan malware. Jadi jika kalian sering menyimpan semua data penting di komputer, maka sebaiknya cek kembali keamanan data tersebut agar tidak dicuri atau terhapus.

Mengamankan data komputer sangat penting sekali untuk dilakukan. Apalagi jika data-data dalam komputer/laptop kita bersifat rahasia dan tentu ini kaitannya dengan hak privasi kita. Jadi wajib hukumnya untuk melindungi data-data tersebut.

Banyak sekali ancaman-ancaman terhadap data komputer/laptop. Ancaman itu diantaranya yaitu ancaman dari Virus, ancaman dari pencuri data, ancaman dari penghapusan data, keylogger, sniffing, hacking, cking dsb.

Gmbar security computer, kunci-gembok dan password

Untuk mengamankan data komputer kita bisa mlakukannya secara manual atau dengan bantuan software, baik pada komputer atau laptop stand only (berdiri sendiri) maupun yang digunakan saat berselancar di internet atau terhubung dengan jaringan LAN, ada baiknya kita juga menerapkan hal-hal berikut agar data kita aman dari serangan virus atau ancaman data lainya sehingga kerahasiaan kita akan tetap terjaga dan hal buruk tidak akan terjadi akibat bobolnya data rahasia kita.

Untuk menjaga data rahasia berikut ini belajar kreatif bagikan tips cara amankan data komputer/laptop buat sobat kreatif untuk menjaga data rahasia kita.

Gambar cara mengamankan data komputer-laptop dari serangan virus dan pencuri data



  1. Untuk menghindari kerusakan dan kehilangan data, sebaiknya back up dulu data penting dan simpan di tempat yang aman dan rahasia tentunya.
  2. Jika menggunakan account di internet, misalnya internet banking, email, twitter, facebook dll, jangan lupa melakukan logout sebelum pergi dari hadapan komputer/laptop yang kita gunakan. Lebih-lebih di komputer yang dipakai orang banyak seperti kantor, warnet dsb.
  3. Hapuslah jejak/history/cookies sobat saat habis berselancar di internet. ini agar apa yang sobat lakukan di internet tidak bisa di deteksi oleh orang lain setelah sobat.
  4. Jangan pernah lupa melindungi data penting dengan password maupun enkripsi.
  5. Menjaga kerahasiaan password dari orang lain.
  6. Ingat!, berhati-hatilah saat menuliskan password, perhatikan sekeliling sobat. Jangan sampai ada orang yang melihat gerakan jari tangan saat menuliskan password. Tulislah password jika keadaan/kondisi telah aman.
  7. Ganti password sobat secara berkala.

Itulah beberapa tips cara amankan data komputer-laptop dari pencuri data rahasia di komputer/laptop sobat. Semoga tips ini bermanfaat.
Cara Mudah Mengamankan Data Komputer-Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif