Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Kecubung Sebagai Tanaman Obat Yang Memiliki Banyak Khasiat (Datura metel)

Gambar tanaman dan buah kecubung serta khasiatnya

Apa kabar sobat kreatif, Apakah sobat tahu tentang Kecubung? Tanaman yang memiliki rasa pahit pada buahnya ini merupakan salah satu tanaman obat yang banyak memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kecubung adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah yang beriklim kering. Banyak tumbuh di tempat-tempat terbuka pada tanah berpasir yang tidak begitu lembab.  Selain sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat kecubung juga banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah.

Tanaman kecubung aslinya berasal dari Amerika namun, ada sebagian juga jenis kecubung yang berasal dari Asia Tenggara. Kecubung merupakan jenis tanaman perdu dengan ciri-ciri sebagai berikut.
  • Batang tegak, bagian pangkal umumnya berkayu, bercabang-cabang, tinggi 0.5-2 m, dan beracun.
  • Daun tunggal, bertangkai, dan letak berhadapan. Helaian daun bentuknya bulat telur, unjung runcing, tepi berlekuk, panjang 6-25 cm, lebar 4.5-20 cm.
  • Bunga tunggal, berbentuk terompet, tegak, keluar dari ujung tangkai, bunga akan mekar menjelang matahari terbenam dan akan kuncup sore hari berikutnya.

Sifat dan khasiat kecubung

Kecubung memiliki sifat dan khasiat diantaranya yaitu rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat, beracun (toksik), masuk meridian jantung, paru dan limpa. Kecubung berkhasiat antiasmatik, antibatuk (antitusif), antirematik, penghilang nyeri (analgesic), afrodisiak dan pemati rasa (anestetik). Bagian-bagian kecubung  terutama biji kecubung, mengandung alkaloid yang berefek halusinogen.

Kandungan kimia kecubung


Gambar bagian-bagian daun tanaman kecubung yang dapat digunakan sebagai obat

Sebagai tanaman obat yang banyak memiliki sifat dan khasiat seperti yang dijelaskan diatas. kecubung juga memiliki kandungan kimia diantaranya yaitu mengandung 0.3 – 0.4 % alkaloid (sekitar 85% skopolamin dan 15% hyoscyamine), hycoscin dan atropine (tergantung pada varietas, lokasi dan musim). Zat aktifnya dapat menimbulkan halusinasi bagi pemakainya. Jika alkaloid kecubung diisolasi maka akan terdeteksi adanya senyawa methyl crystalline yang mempunyai efek relaksasi pada otot gerak. Bagian-bagian dari tanaman kecubung yang dapat digunakan untuk pengobatan meliputi bagian bunga, batang dan daunnya. Selengkapnya baca di khasiat kecubung untuk mengobati berbagai penyakit.

Penting!

  • Kecubung merupakan tumbuhan beracun. Jangan diberikan pada penderita tekanan bola mata meninggi (glukoma), kondisi badan lemah, penderita hipertensi, anak-anak dan ibu hamil.
  • Daun dan biji digunakan sebagai enestesi local.
  • Biji beracun sehingga banyak disalahgunakan untuk berbuat kejahatan.

Itulah sedikit penjelasan tentang kecubung sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi sobat kreatif semua.
Kecubung Sebagai Tanaman Obat Yang Memiliki Banyak Khasiat (Datura metel) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif