Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

3 Cara Membaca Kritis dan Efektif

3 cara membaca kritis dan efektif ini merupakan lanjutan dari postingan belajar kreatif sebelumnya yaitu tentang cara membaca dengan cepat dan mampu dengan cepat memahami isi bacaannya walau tidak membacanya secara keseluruhan. Cara membaca efektif ini akan memberikan tips trik membaca yang baik dan kritis terhadap isi bacaan yang kit abaca baik berupa buku pelajaran atau buku-buku bacaan lainya.

Sebelum kita masuk ke bahasan cara membaca kritis terlebih dahulu mari kita sama-sama melihat kembali dari tujuan membaca. Jika dilihat dari tujuannya, tujuan membaca terbagi menjadi tiga kategori yaitu:

Membaca sebagai hiburan

3 cara membaca kritis dan efektif

Sebagian orang melakukan kegiatan membaca sebagai hiburan. Ini adalah cara membaca yang tidak perlu banyak memeras otak untuk berfikir. Contoh membaca sebagai hiburan ini adalah membaca novel, komik, cerpen, dan bacaan lainya yang sejenis. Membaca bacaan yang sifatnya sebagai bacaan hiburan tentu berbeda dengan membaca buku pelajaran. Membaca novel tidak menyebabkan pikiran menjadi jenuh dan tidak cepat bosan.

Membaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan


Sebenarnya ketika kita membaca sedikit banyak akan mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun, yang dimaksud membaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan disini yaitu seperti membaca buku-buku pelajaran. Saat membaca buku pelajaran maka dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat memahami isi bacaannya.

Membaca kritis


Tujuan membaca yang ketiga ini yaitu membaca kritis. Ini hampir sama dengan membaca untuk mendapatkan pengetahuan, namun dalam membaca kritis kita perlu menelaah lanjut poin-poin penting yang ada dalam bacaan. Saat membaca pasti muncul dalam benak kita berbagai pertanyaan seperti “Apa yang terjadi?”, “Mengapa bisa seperti ini?”, “Kok bisa?”, dsb. Ini terjadi saat kita penasaran dengan informasi yang terkandung dalam bacaan tersebut.

Tips Trik Membaca Kritis dan Kreatif


Setelah mengetahui tentang tujuan membaca, saatnya kita masuk dalam inti pembahasan yaitu 3 cara membaca kritis dan efektif seperti yang telah sedikit kami uraikan di awal artikel ini.

Dengan membaca kritis, metode membaca kita akan lebih menyenangkan. Disini kita akan terdorong untuk lebih kreatif dan membangun jiwa yang kritis seperti ahli-ahli kritik atau kritikus. Setidaknya ada 3 tips trik membaca kritis dan kreatif  yang harus kita ketahui dan lakukan yaitu:
  1. Survei dulu buku-buku yang hendak kit abaca. Jangan dibaca semua dengan detail. Kita cukup membaca secara sepintas bagian-bagian tertentu. Ini agar kita mendapat gambaran umum mengenai isi bacaan yang dibaca. Coba perhatikan setiap kalimat di paragraph awal, ahir, dan beberapa paragraph tengah. Lihat daftar isi, gambar-gambar atau table yang ada dalam buku tersebut. Kemudian lihat beberapa contoh soalnya jika yang kit abaca adalah buku pelajaran yang ada soalnya.
  2. Cobalah ajukan pertanyaan yang timbul dalam benak sobat ketika survey tadi. Ayo, speak up your mind! Keluarkan pikiran-pikiran yang muncul dalam benak kalian dan tanyakanlah pada diri sendiri dengan suara yang jelas. Pertimbangkan berbagai kemungkinan yang muncul, kesimpulan sementara, penyimpangan, dan prasangka-prasangka. Tandai istilah atau bagian yang tidak di mengerti.
  3. Yang ketiga yaitu membaca kembali. Kali ini bacalah dengan teliti. Cari jawaban atas pertanyaan kalian tadi. Usahakan jangan berpindah ke bagian lain jika belum benar-benar mengerti.

Itulah 3 cara membaca kritis dan efektif dalam upaya belajar memahami suatu informasi yang disampaikan dalam sebuah buku bacaan. Setelah kita mempraktekkan tiga aturan main dalam tips trik membaca cepat tersebut, sekarang waktunya kita untuk mengevaluasi. Apa benar kita telah memahami isi bacaan yang kit abaca?, Apa kita telah menemukan jawaban atas pertanyaan yang kita pikirkan tadi dan apa kita juga telah menguasainya?. Kita harus meyakinkan diri kita bahwa kita telah memahami dan menguasai seluruh materi yang ada.

Kemudian yang terahir yaitu tinjau ulang. Tutup buku dan pikirkan kembali apa yang
yang dibaca tadi serta informasi apa yang telah kita dapatkan. Tulis semua itu dalam secarcik kertas. Kalian boleh menambahkan dengan hasil pikiran sendiri. Ingat, ini bukan menghafal loh, tapi memahami. Semoga 3 cara membaca cepat dan efektif ini bermanfaat bagi sobat semua.
3 Cara Membaca Kritis dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif