Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Peluang Bisnis Usaha Budi Daya Ikan Koi di Indonesia

Peluang  bisnis usaha budi daya ikan Koi di indonesia dan manca negara
Peluang  bisnis usaha budi daya ikan Koi – Ada banyak sekali lahan bisnis yang bisa dijalankan dimasa sekarang ini. bagia sobat kreatif yang mungkin berminat gak ada salahnya untuk mencoba usaha budi daya ikan koi. Ikan Koi yang bentuknya hampir mirip dengan jenis ikan emas ini memang memiliki warna dan bentuk yang cantik dan indah. Warna naturalnya enak dipandang dan gak bikin bosan, mungkin karena itulah banyak orang yang memelihara ikan koi ini untuk penghias rumahnya. Kebanyakan orang yang memelihara ikan koi berawal dari sebuah hobi dan untuk kesenangan. Namun, sekarang ini bukan hanya sekedar itu karena ikan koi memiliki nilai bisnis yang menggiurkan. Sekarang ini untuk jenis ikan koi yang bagus harganya bisa mencapai jutaan dan bahkan mencapai milyaran rupiah.

Jepang boleh dibilang merupakan pusatnya ikan Koi, orang jepang banyak menggunakan ikan koi sebagai penghias rumah. Sebenarnya ikan koi berasal dari Tiongkok dan lebih banyak tersebar di Jepang, namun, sekarang ini bukan hanya jepang saja yang membudidayakan ikan ini karena hampir semua Negara berlomba-lomba membudidayakan jenis ikan ini dan berusaha sebaik mungkin melakukan berbagai upaya agar koi yang dihasilkanya bermutu tinggi.

Kriteria ikan Koi yang bagus dan bermutu tinggi

Menurut penelitian standart internasional, Koi yang berkualitas tinggi harus memiliki beberapa kriteria, antara lain:
  1. Bentuk tubuh sempurna
  2. Berwarna cerah,
  3. Pola warna berbatas jelas,
  4. Ukuran tubuh proporsional.

Jika beberapa kriteria itu terpenuhi, peforma koi dianggap sempurna. Imbasnya harga jual koi tersebut turut melambung, dari ratusan juta rupiah hingga milyaran rupiah.

Dari sekitar 50.000 ekor burayak, hanya 5% yang menjadi koi unggul. Bahkan beberapa penangkar melakukan penyeleksian yang sangat ketat, hingga ahirnya hanya didapat beberapa ekor tategoi (istilah untuk burayak koi) yang mempunyai masa depan cerah (future koi).

Kebanyakan para penangkar biasanya menyisihkan tategoi pillihan untuk dikoleksi atau diikutsertakan dalam kontes. Namun, ada juga yang sengaja menjualnya dengan patokan harga yang lebih tinggi ketimbang tategoi yang biasa. Kohaku, sanke, dan showa adalah jenis-jenis ikan koi yang paling sering diunggulkan dalam berbagai kontes. Jadi, tidak mengherankan jika seekor kohaku yang panjangnya hanya 18 cm bisa mencapai harga Rp. 10 – 20 juta rupiah per ekor. Bentuk tubuh dan pola warna menjadi pertimbangan utamapara pembeli ikan koi. Karena itulah harga tategoi sangat bervareasi, tergantung dari varietasnya.

Bisnis Koi di Indonesia

Dio Indonesia jenis ikan koi sudah banyak dapat kita jumpai. Para penakar dan pebisnis ikan ini juga sudah banyak. Itulah yang membuat ikan ini semakin banyak diminati dan pecinta koi pun semakin banyak di tanah air. Maraknya bisnis ikan koi di dalam negeri tampak dari semakin banyaknya animo masyarakat yang menghadirkan kolam-kolam koi di pekarangan rumahnya. Kolam-kolam koi tersebut diharapkan membawa suasana yang asri di lingkungan rumah. Bahkan para eksekutif pun tak mau ketinggalan mengusung pesona Koi yang menawan sebagai aksen penghias rumah, sekaligus sebagai pelepas stress dan lelah.

Pengusaha budi daya ikan koi di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua kellompok.

1.    Kelompok nelayan
Kelompok ini pada umumnya bermodal lemah, pengetahuan dan informasi sangat terbatas, koi yang dihasilkan berkualitas rendah, jumlah yang dibudidayakan terbatas. Tujuan budidaya hanya sekedar menambah penghasilan keluarga.

2.    Kelompok pengusaha

Kelompok kedua ini bermodal kuat, tanggap terhaap perubahan situasi pasar, baik local maupaun internasional, ikan yang dihasilkan sesuai permintaan pasar, sarana yang dimiliki lebih maju dan berskala besar, sasaran produknya pasar internasional.
Peluang Bisnis Usaha Budi Daya Ikan Koi di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif