Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

4 Hal Yang Menghambat Proses Membaca Cepat

Dalam membaca cepat kita harus fokus dengan apa yang kita baca, dengan waktu yang singkat kita selalu ingin membaca dengan cepat dan paham dengan isi yang kita baca. Namun, masalahnya tidak semua orang mampu membaca dengan cepat.  Ini sebagian terjadi karena kebiasaan cara belajar membaca kita sejak kecil.

Jika sebelumnya belajar kreatif sudah postingkan model cara membaca cepat maka sebagai tambahanya kali ini kami bagikan 4 hal yang menghambat proses membaca cepat yang sering tidak kita sadari.

Sedikitnya ada empat hal-hal yang menjadi penghambat dan membuat kita tidak bisa membaca dengan cepat. Keempat hal tersebut dapat sobat baca dibawah ini.

membaca buku sambil melamun merupakan salah satu penghambat membaca cepat
  1. Yang pertama adalah masalah berupa kesalahan sub-vokalisasi. Ketika membaca biasanya mulut dan hati kita sama-sama ikut bicara. Ini terjadi karena kita terbiasa mengulangi bacaan, mengeluarkan suara atau membaca dalam hati. Menurut pakar membaca cepat, ini terjadi karena kebiasaan cara membaca yang salah sejak kecil. Menurut penelitian cara membaca kita waktu kecil itu ternyata salah. Dulu kita belajar mengenal huruf dari A sampai Z kemudian dilanjutkan dengan belajar mengulang kata-kata. Tapi ternyata ini adalah metode yang salah. Kenapa?! Karena ini akan membuat kita membaca dengan cara selalu mengulang kata per kata.
  2. Yang kedua adalah masalah finger panting. Ini adalah masalah untuk orang tertentu. Beberapa orang percaya bahwa belajar membaca dengan penunjuk tangan menyebabkan anak membaca dengan lambat, namun ini tidak dibenarkan oleh beberapa pakar membaca cepat. Mereka justru menggunakan penunjuk agar dapat langsung mengarahkan mata pada bahan bacaan. Mereka juga percaya kalau ini dapat meningkatkan daya konsentrasi. Saran kami sebaiknya kalian menggunakan cara yang kalian sukai. Karena hanya pembaca sendirilah yang mengetahui apa yang sebenarnya pola membaca yang cocok untuk kalian.
  3. Hambatan ketiga adalah regretio. Mungkin sebagian dari sobat istilah ini baru di dengar. Regretio terjadi  ketika kita membaca, secara sadar terkadang mata dan pikiran kita tidak memperhatikan apa yang sedang dibaca atau memikirkan sesuatu yang lain. Kalupun kita memperhatikan, maka sering yang kita perhatikan adalah bacaan yang sudah kit abaca, inilah yang dapat membuat lamban kita dalam membaca.
  4. Masalah keempat yaitu back skippin. Ini terjadi ketika secara tidak sadar kita terus saja mengulang kata atau kalimat bacaan yang itu-itu saja, maka topic yang dibaca tidak selesai-selesai. Ini mengakibatkan pengelihatan mata kita menjadi lamban dan tidak dapat membaca dengan cepat. Sebaiknya mulai sekarang ubahlah pola membaca kalian jika ingin dapat membaca dengan cepat.

Itulah hal-hal yang menjadi penghambat kita dalam membaca cepat. Tentu sobat paham dan mengerti dengan apa yang dijelaskan  diatas. semoga apa yang kami bagikan ini dapat memberikan manfaat dan menjadikan berkah bagi kita semua. Amiin!
4 Hal Yang Menghambat Proses Membaca Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif