Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

4 Jenis Usaha Budi Daya ikan Koi

Budidaya ikan koi – Setidaknya ada 4 jenis usaha budi daya ikan koi yang penting juga diketahui bagi peminat pemula dalam usaha ini. dalam posting sebelumnya sudah kami bagikan sedikit penjelaan tentang usaha budi daya koi, jika sobat belum mebacanya silahkan saja bisa dilihat di peluang bisnis usaha bidi daya ikan koi.

usaha budi daya ikan koi jenis bagus dan kualitas super

4 jenis usaha budi daya ikan koi ini juga sedikit akan menjelaskan tentang berbagai bentuk usaha ikan koi yang bisa sobat lakukan, mulai dari penangkap, pembenihan, dan sampai eksportir.

1. Kelompok usaha penangkap alam (Chatcher)
Yang termasuk kedalam kelompok usaha jenis ini pada umumnya adalah para petani yang melakukan kegiatan panengkapan langsung dari sungai, danau, rawa, pantai/laut. Hasil tangkapan dari kelompok ini disalurkan langsung ke penampung (raiser) atau eksportir.

2. Kelompok usaha pembenihan (Breeder)

Sedikitnya ada 3 kelompok yang termasuk pada usaha pembenihan (breeder), ini, antara lain:
  • Kelompok petani nelayan
  • Kelompok eksportir yang merangkap sebagai pembenih,
  • Kelompok pengusaha yang menghususkan diri sebagai pembenih.
Hasil usaha mereka dapat langsung dijual kepada eksportir atau bisa juga langsung disalurkan kepada konsumen local.

3. Kelompok usaha pengumpul/Penampung (Raiser)

Yang termasuk kedalam kelompok usaha pengumpul/penampung (raiser) ini adalah pengusaha. Disamping menerima hasil tangkapan alam, juga menampung hasil pembenihan yang dilakukan para petani.

Kegiatan yang dialkukan oleh kelompok usaha ini meliputi:
  • Pembesaran sesaat (kurang lebih 3 bulan),
  • Memperbaiki warna,
  • Menstabilkan bentuk tubuh,
  • Mengelompokkan jenis dan ukuran.
Biasanya hasil usaha kelompok ini disalurkan kepada eksportir atau langsung dipasarkan ke konsumen dalam negeri.

4. Eksportir
Yang termasuk kedalam kelompok usaha ini adalah pengusaha yang mempunyai modal sedang dan kuat. Mereka menyalurkan hasil usahanya ke berbagai Negara. Kegiatan lain dari usaha kelompok ini biasanya ada yang melakukan pembenihan dan penampungan.

Nah, itulah sedikit gambaran beberapa fokus usaha yang bisa sobat ambil dalam budi daya koi, peranan mana yang dilakukan sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan pengetahuan dan modal yang ada. Semoga bermanfaat dan baca juga Analisisi Usaha Budi Daya Ikan Koi di posting berikutnya.
4 Jenis Usaha Budi Daya ikan Koi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif