Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Lancar

Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Lancar - Sudah menjadi tradisi bahwa menjelang lebaran Idul Fitri atau ahir bulan ramadhan semua orang yang bekerja atau tinggal jauh dengan keluarga dan orang tua melakukan mudik lebaran atau pulang kampung. Tradisi ini hanya ada di Indonesia dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita.  Jika sobat adalah seorang perantauan atau sebagai pendatang di tempat kerja saat ini dan ingin mudik atau pulang kampung ada beberapa persiapan yang harus di siapkan agar mudik kalian aman dan lancar selamat sampai tujuan.

Untuk sobat berikut belajar kreatif bagikan tips cara mudiklebaran agar aman dan lancar yang bisa dijadikan panduan atau masukan yang baik sebelum mudik.

Tips Agar Mudik Berjalan Lancar


1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda


Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Lancar

Saat Anda memutuskan untuk pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, periksakanlah terlebih dahulu kendaraan Anda ke bengkel terpercaya, mulai dari rem, oli hingga ban kendaraan Anda.

2. Jaga Kesehatan Anda
Suasana jalanan yang macet dan banyak polusi sangat menuntut Anda untuk selalu menjaga stamina tubuh selama perjalanan, terlebih jika saat berpuasa, hal ini pasti membuat Anda cukup stress. Untuk itu ada baiknya jika anda mencari tips agar puasa lancar untuk yang sedang berpergian.Biasanya tips ini adalah dengan manjaga asupan makanan dan minuman Anda selama perjalanan mudik. Aturlah pola tidur selama perjalanan mudik agar saat Anda berkendara tidak mengantuk dan mengalami kecelakaan.

3. Bawalah Peta atau GPS

Jika Anda berniat mencoba jalur alternatif yang baru, jangan pernah lupa untuk membawa peta atau GPS agar kemungkinan Anda salah jalan pun semakin kecil.

4. Jangan Gegabah
Saat jalan macet memang sangat membuat Anda tidak sabaran. Hal ini hanya akan membuat Anda lelah fisik dan lelah hati. Bersabarlah dan selalu hati-hati.

5. Berhati-hatilah

Untuk menghindari tindak kejahatan dan hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda, sebaiknya simpanlah uang dan barang berharga di tempat yang aman dan tersembunyi. Sebaiknya , lebih aman uang Anda simpan di ATM saja. Bawa uang tunai seperlunya.

Tips Mudik Agar Aman Saat Bersama Anak

Selain tips mudin diatas, bagi sobat yang mudik dengan membawa anak, berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan jika Sobat mudik dengan keluarga dan anak kecil.
  1. Persiapkan mental. Saat sadar bahwa perjalanan ini akan membosankan dan melelahkan si kecil, cepatlah berpikir bahwa “semuanya akan berjalan dengan lancar bila saya mempersiapkan semuanya dengan baik.” Kebahagiaan saat si kecil bertemu dengan  semua keluarga akan menghapus kekhawatiran anda.
  2. Pastikan anda dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan. Hal ini penting karena anda harus menyediakan waktu dan tenaga anda untuk mendampingi si kecil dan periksalah kesehatan si kecil sehari sebelum melakukan perjalanan. Jangan melakukan perjalanan jika kesehatan si kecil sedang terganggu. Lebih baik menunda perjalanan sampai kondisi kesehatan si kecil normal.
  3. Buat daftar keperluan si kecil agar tidak ada yang tertinggal maupun terlupakan. Jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan karena akan membuat kendaraan menjadi penuh.
  4. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pemeriksaan kondisi  kendaraan dan pastikan semuanya baik-baik. Jangan lupa membawa perlengkapan mobil, seperti :  senter, pompa ban, ekstra ban, segitiga pengaman, dongkrak, payung, perlengkapan P3K, dst. Beri ruang yang lega bagi tempat si kecil agar ia bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan tape dan lagu anak-anak agar anak tidak bosan selama perjalanan.
  5. Bawa peta jalur mudik yang menyediakan jalur alternatif  secara detil dan jelas. Lengkapi peta dengan beberapa nomor penting yang akan memberikan info penting terkait perjalanan anda.
  6. Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan jalan. Dengan memperhitungkan lamanya perjalanan, maka bisa ditentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan.

Hal yang Perlu dipersiapkan Untuk si Kecil
Perhatikan dan persiapkan juga kebutuhan si kecil saat mudik. Berikut yang harus dipersiapkan untuk si kecil.
  1. Kebutuhan utama si kecil, antara lain : pakaian, makanan dan minuman, obat-obatan, peralatan makan, minum, mandi, bantal, bedak, tempat air panas, tisu basah dan kering, popok atau diaper, alas tidur, dst. Semua kebutuhan dalam perjalanan sebaiknya ditaruh dalam tas tersendiri agar mudah untuk dijangkau.
  2. Sediakan makanan kecil yang disenangi si kecil yang tidak membuatnya mabuk dan juga air putih secukupnya.
  3. Sediakan kantong muntah jika sewaktu-waktu si kecil mengalami mabuk selama perjalanan. Usahakan berhenti setiap 2 jam sekali agar si kecil mendapatkan oksigen dari luar mobil.
  4. Seringlah menanyakan apa yang dirasakan si kecil. Misalnya, apakah ia ingin buang air, apakah ia lapar/haus, apakah ada yang dirasa sakit, dst. Jangan lupa untuk memeriksa popok si kecil yang belum bisa bicara.
  5. Sediakan mainan, beberapa cerita dongeng dan nyanyian yang biasa anda nyanyikan bersama si kecil untuk menghilangkan kejenuhan si kecil saat perjalanan berlangsung. Ajak bicara agar ia merasa tetap diperhatikan dan merasa aman karena perjalanan mudik adalah pengalaman baru baginya dan bisa saja membuatnya cemas.
  6. Kesabaran sangat dibutuhkan si kecil jika ia mulai merasa bosan dan mulai menangis. Dengan ketenangan, maka si kecil juga akan merasa tenang.
  7. Akhirnya, ajaklah si kecil untuk selalu berdoa agar ridhoNya menyertai perjalanan anda bersama keluarga.

Tambahan bagi yang membawa banyak oleh-oleh:

Untuk meminimalisasi risiko dalam perjalanan mudik, sekaligus tidak mengorbankan niat membawa banyak oleh-oleh, boks dan side bag atau tas samping bisa menjadi alternatif solusi.

Untuk boks tersedia dalam beberapa variasi kapasitas tampung. Boks paling kecil berkapasitas tiga liter dan yang paling besar 46 liter. Semakin besar boks, harganya semakin tinggi. Tapi tergantung juga merk produk tersebut.

Itulah beberapa tips mudik lebaran agar aman dan lancar dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan. Semoga info ini bermanfaat.

Dari berbagai sumber
Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Lancar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif