Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

6 Langkah Belajar Efektif Dengan Rumus SQ4R

Tips belajar kreatif, 6 langkah belajar efektif dengan rumus SQ4R ini merupakan metode pembelajaran yang saya bilang sangat efesien dan efektif sekali jika dilakukan. Caranya sederhana dan tidak berat. Perlu diketahui bahwa rumus SQ4R bukanlah rumus matematika kok, tapi ini cukup maknyuss untuk dicoba.

6 langkah belajar efektif dengan rumus SQ4R ini merupakan metode pembelajaran yang saya bilang sangat efesien dan efektif
Berikut penjelasan tentang belajar efektif dengan rumus SQ4R yaitu:

1.   Survey (meninjau)

Berusaha untuk mengetahui garis besar isi atau pokok bacaan serta cara penyusunan dan penyajianya secara sepintas.

2.    Question (Mengajukan pertanyaan)

Mengajukan pertanyaan bertujuan untuk menimbulkan rasa ingin tahu. Orang yang ingin tahu akan berusaha mencari jawabanya. Kamu bisa memulainya dengan bertanya pada dirimu “Kenapa bisa begini?”, “Maksudnya?”, “Misalkan begini, lalu apa yang terjadi?”, dan seterusnya. Dari sini kamu akan mendorong untuk mencari tahu.

3.    Reading (Membaca)


Bacalah dengan cermat bahan pelajaran satu kali lagi sambil berusaha untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang sudah diajukan.

4.    Recite (Mengingat sambil menyebutkan kembali)

Rahasia yang perlu diketahui dalam mengingat kembali ialah sebutkan apa yang kamu ingat itu, dengan menggunakan kata kata sendiri. Cobalah untuk memahami informasi yang kamu dapat, kemudian ulangi informasi tersebut dengan kata-katamu sendiri.

5.    Record (Mencatat)


Hal ini lazim digunakan oleh orang yang sedang belajar. Tujuan membuat catatan ialah untuk menolong kita mengingat pokok-pokok yang penting tanpa harus membaca kembali bahan bacaan itu sendiri. Tak perlu panjang-panjang apalagi sampai bertele-tele. Catatan yang kamu buat sebaiknya singkat tapi mencakup semua hal-hal penting. Catatan ini dibutuhkan untuk merangsang kembali ingatan kita atas apa yang telah kita pelajari.

6.    Review (Mengulang Kembali)

Mengulang kembali berarti mengungkapkan kembali apa yang telah kamu pelajari tanpa melihat catatan. Kamu tentu tahu benar dong apa yang telah kamu catat? Kalau kamu paham tentu kamu bisa melakukanya tanpa melihat catatan.


Oh Iya, Thomas Hobbes pernah berkata, “Study is nothing else but possession of the mind”. Artinya, belajar tidak lain hanyalah bagaimana kita bisa menguasai pikiran kita. Ngerti kan maksudnya? Setiap proses belajar itu bergantung pada diri pribadi orang tersebut. Kalian akan cepat hapal dan mengerti jika kalian benar-benar menguasai pikiran untuk terus berupaya mengerti. Dibutuhkan keteguhan dan semangat yang tinggi dalam menjalani proses belajar.
6 Langkah Belajar Efektif Dengan Rumus SQ4R Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif