Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Resep Cara Membuat Pempek Pempek Palembang

Sobat tentu tahu dengan makanan yang satu ini. kuliner atau makanan khas dengan nama pempek ini sudah terkenal dan merupakan jenis makanan Nusantara. Sebagian dari kalian mungkin pernah mencoba bahkan membuat pempek Palembang. Namun, bagi yang belum pernah nyoba sobat bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah kok. Berikut ini kami bagikan resep cara membuat pempek pempek Palembang secara jelas dan mudah dipahami.

Apa itu Pempek ?


Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Gambar pempek palembang enak dan gurih

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Resep Pempek Palembang

Bahan Membuat Pempek


1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling
1 Cangkir (1 bagian)  Air putih
 Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
Tepung kanji secukupnya
Saus Cuko:
•    1 kg gula merah yang bagus,potong-potong
•    cabai rawit sesuai selera
•    200 g bawang putih
•    3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis
•    garam secukupnya
•    2 liter air

Cara Membuat Pempek


  1. Pertama yang harus dilakukan yaitu, campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.
  2. Lalu tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.
  3. Selanjutnya adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor.
  4. Kemudian rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin.  
  5. Untuk pempek lenjer, bentuk  adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin.
  6. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata.
  7. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang.


Membuat Saus Cuka/Cuko


  1. Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut.
  2. Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan.
  3. Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring.
  4. Sajikan bersama pempek dengan ebi yang dihaluskan.


Catatan:
Untuk hasil dan rasa yang enak dan pas maka pilihlah ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabut-serabut putih dari dagingnya terangkat.

Banyak resep masakan pempek yang bisa sobat buat. Namun belum bisa semuanya kami shre disini. semoga dengan resep pempek palembang diatas sobat lebih mengenal dan tahu tentang masakan pempek yang khas ini.

Resep Cara Membuat Pempek Pempek Palembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif