Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Peluang Usaha Bisnis Jus

peluang usaha bisnis jus aneka buah segar dan berkhasiat
Peluang usaha bisnis jus; Jika sobat adalah seorang yang ingin berwirausaha dan membuka usaha baru atau yang mungkin baru saja belajar berbisnis kayaknya peluang usaha bisnis jus ini bisa menjadi pilihan sobat. Bisnis makanan dan minuman memang selalu menggairahkan. Walaupun kompetitornya cukup banyak, namun bisnis makanan dan minuman sangatlah bagus untuk digeluti. Salah satu bisnis yang saat ini menjanjikan adalah bisnis jus aneka buah. Dengan banyaknya khasiat jus untuk kesehatan tubuh dan pengobatan penyakit itulah yang membuat usaha jus ini sangat prospek untu digeluti.
>
Banyak sekali jenis buah yang dapat kita jadikan jus dan kita jual atau kita komersilkan. Intinya semua buah yang tidak berbahaya untuk kita makan dan mengandung banyak kandungan gizi dan vitamin tentu bisa kita jadikan jus dan dijual.

Juice adalah cairan yang secara alami terkandung dalam jaringan buah atau sayur.
Sari buah atau jus atau Juice dibuat dengan  mekanis meremas atau maserasi daging buah segar atau sayuran tanpa aplikasi panas atau pelarut. Misalnya, jus jeruk adalah cairan ekstrak buah dari pohon jeruk. Jus dapat dibuat di rumah dari buah-buahan dan sayuran segar menggunakan berbagai Juicer tangan atau listrik.

Banyak jus komersial  disaring untuk menghilangkan serat atau pulp, tapi tinggi jus jeruk pulp segar adalah minuman populer. Juice dapat dipasarkan dalam bentuk konsentrat, kadang-kadang beku, yang membutuhkan pengguna untuk menambahkan air untuk menyusun kembali cairan kembali ke "keadaan semula" nya. Namun, konsentrat umumnya memiliki rasa berbeda dari mereka yang "segar diperas". jus lainnya adalah dilarutkan sebelum kemasan untukdijual eceran.

Metode umum untuk pengawetan dan pengolahan jus buah meliputi pengalengan, pasteurisasi, pembekuan, penguapan dan pengeringan semprot.

Konsumen                              

Menu minuman ini sangat membumi, banyak orang menyukai menu ini. Dari mulai anak kecil, sampai orang tua menggemari minuman ini. Karena selain harganya terjangkau, menu ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Info bisnis

Bahan baku pembuatan produk ini adalah buah segar. Berbagai jenis buah bisa dijadikan jus, seperti buah jeruk, apel, alpukat, mangga, jambu, stroberi, melon, wortel, sirsak, tomat, kiwi, semangka, dll.

Untuk memulai bisnis minuman ini, sebaiknya cari lokasi yang cukup potensial. Misalnya saja di depan supermarket, di kantin sekolah, kantin kampus, kantin rumah sakit, bahkan di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Usaha ini tidak membutuhkan tempat yang luas, kira-kira 2×2 meter saja sudah sangat cukup.

Sedangkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha jus buah adalah gerobak atau etalase sederhana, blender atau juicer, termos es, gelas kaca, pisau, wadah air matang, wadah gula, kemasan gelas plastik,  sedotan, dan plastik.

Rata- rata harga jus buah yang beredar dipasaran, dipatok harga antara Rp 3.000,00 sampai Rp 5.000,00 per gelas. Ada juga menu jus buah yang terbuat dari campuran beberapa buah, tetapi biasanya dihargai lebih mahal. Berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 7.000,00.

Kelebihan bisnis

Minuman jus sudah sangat popular di kalangan masyarakat, jadi untuk memulai usaha ini tidak terlalu sulit untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Saat ini peminatnya juga sudah sangat banyak, sehingga peluang pasarnya juga semakin luas. Disamping itu untuk menjalankan usaha ini juga tidak dibutuhkan modal besar, karena peralatan yang dibutuhkan juga bisa menggunakan perlengkapan rumah tangga yang ada di rumah.

Kekurangan bisnis

Resiko yang ditanggung pengusaha jus buah tidak terlalu besar. Resiko yang sering muncul antara lain kualitas bahan baku yang cepat menurun. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar memperkirakan jumlah buah yang harus dibeli setiap harinya. Dan buah yang masih tersisa, sebaiknya disimpan di lemari es agar tetap segar. Resiko yang lainnya yaitu menurunnya penjualan saat musim hujan. Karena pada musim hujan, minat konsumen akan minuman dingin sedikit menurun.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran usaha ini dapat dilakukan dengan memasang spanduk atau banner yang bertuliskan nama usaha dan menu jus yang ditawarkan. di sekitar lokasi usaha. Selanjutnya Anda juga bisa membagikan brosur atau pamflet kepada masyarakat sekitar. Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa mendisplay buah-buahan segar di gerobak Anda. Sehingga orang yang melewati lokasi usaha Anda, tertarik untuk mampir dan membeli aneka jus tersebut.

Kunci sukses

Kunci kesuksesan bisnis minuman jus buah bis diperoleh dengan menjaga kesegaran bahan baku yang Anda gunakan. Karena kualitas kesegaran buah juga akan mempengaruhi cita rasa jus yang Anda buat. Informasikan juga kepada konsumen mengenai manfaat mengkonsumsi jus buah bagi kesehatan tubuh. Sehingga minat konsumen semakin besar, dan tingkat penjualan Anda meningkat.

Selanjutnya untuk menjaga loyalitas konsumen, sebaiknya jaga cita rasa jus buah yang Anda produksi. Karena sebagian besar konsumen akan pindah ke penjual jus buah lainnya, jika mereka kecewa dengan rasa jus yang dibelinya.

Penjelasan diatas semoga dapat sobat jadikan sebagai support awal dalam memulai bisnis jus yang di inginkan. Untuk selanjutnya silahkan lakukan action dan jika masih butuh strategi bisnis lainya gak usah sungkan-sungkan langsung saja cari referensinya di earch google, banyak kok. Semoga bermanfaat.Sourch:

source : bisnismuslim.com
Peluang Usaha Bisnis Jus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif