Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Ketahui Puluhan Manfaat dan Khasiat Lain Brokoli

Manfaat dan khasiat brokoli - Brokoli atau nama ilimiahnya Brassica Oleracea Var  Italica merupakan jenis jenis sayur-sayuran yang sekarang ini sangat terkenal di Indonesia. selain sebagai bahan sayur brokoli juga bisa di tumis begitu saja. Mungkin sebagian dari kita belum tahu bahwa selain sebagai sayur brokoli ternyata memiliki manfaat dan khasiat lain yang dapat kita gunakan untuk obat tradisional atau obat alami perawatan kesehatan.

Ketahui Puluhan Manfaat dan Khasiat Lain Brokoli Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

Dalam pemanfaatanya sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas anti kanker.

Brokoli juga menyimpan kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam vitamin A, C, E (vitamin, riboflavin, nikotinamide). Brokoli meruypakan tanaman obat dan kandungan sulforafan diketahui sebagai senyawa pencegah penyakit kanker. Itulah mengapa brokoli sangat baik untuk kita konsumsi.

Manfaat dan khasiat brokoli

Brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormone, seperti kanker payudara pada wanita, kanker prostat yang mengancam pria.

Manfaat lain, brokoli juga mampu mencegah serangan stroke. Ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari Harvard University. Tanaman brokoli  juga sangat baik di konsumsi bagi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah. Brokoli memperkuat sel-sel tulang. Mengkonsumsinya sejak muda, mencegah penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) di usia tua. Brokoli berkhasiat pula menghadang penyakit kulit seperti abses atau bisul.

Rsesep Obat Brokoli

Setelah mengetahui banyak sekali manfaat dan khasiat brokoli seperti yang dijelaskan diatas, sekarang kita bahas tentang penggunaan brokoli sebagai obat atau lebih tepat disebut resep obat brokoli.
Untuk pengobatan atau mempercepat penyembuhan, brokoli bisa disantap sebagai sayuran tersendiri atau dimasak bersama sayuran-sayuran lain. Untuk mendapatkan khasiat brokoli scara optimal, dianjurkan mengolahnya dengan cara blansir (rebus sebentar) atau dikonsumsi dalam bentuk jus.

Cara membuat jus brokoli yaitu; setelah brokoli diblansir, angkat lalu siram dengan air dingin (air es), kemudian tiriskan. Blender brokoli dengan air matang secukupnya. Minum jus brokoli bersama seratnya.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari jenis sayuran ini. diketahui brokoli juga dapat mencegah nyeri haid pada wanita. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih dan jangan lupa Like atau share ke teman lain jika ini bisa membantu.
Ketahui Puluhan Manfaat dan Khasiat Lain Brokoli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif