Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mengobati Cacingan Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Cacingan Dengan Bahan Alami dengan buah delima
Cara mengobati cacingan dengan bahan alami kita dapat menggunakan buah delima. Tentu sobat kreatif sudah tahu tentang buah delima kan?. Buah delima sering ditanam di kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat dan juga karena buahnya dapat dimakan dan rasanya manis. Buah delima berbentuk bulat dan berwarna cokelat ketika masih muda dan hijau kotor setelah tua. Buah ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang dapat kita gunakan sebagai obat. Diantaranya yaitu untuk mengobati cacingan.

Penyakit cacing, kecacingan  atau lebih dikenal dengan istilah cacingan merupakan bentuk penyakit yang terjadi karena adanya cacing di dalam perut penderita. Umumnya terjadi pada anak-anak. Kecacingan, atau cacingan dalam istilah sehari-hari, adalah kumpulan gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit di dalam tubuh.

Penyebab kecacingan yang populer adalah cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Biasanya cacing bisa dengan mudah menular.

Gejala Cacingan


Diantara gejala cacingan antara lain yaitu Pantat gatal, merupakan salah satu gejala untuk jenis cacing Enterobius vermicularis. Pada spesies cacing ini, indung cacing keluar dari lubang anus, biasanya di malam hari ketika kita tidur, dan meletakkan telurnya di daerah peri-anal (sekeliling anus). Dengan menggunakan selotip, contoh telur-telur dapat diambil dan dapat dilihat dengan bantuan mikroskop untuk diagnosa.

Pencegahan Penyakit Cacingan


Ada beberapa tips pencegahan untuk penyakit cacingan yaitu dengan mencuci badan, terutama tangan dan kaki dengan air dan sabun dengan bersih.

Saat salah satu anggota keluarga terkena cacingan, maka semua orang di rumah harus dirawat. Seprai, handuk dan pakaian yang dipakai pada dua hari sebelumnya harus dicuci dengan air hangat dan detergen.

Cara Mengobati Cacingan Secara Alami

Untuk mengobati cacingan (kecacingan) ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:
  1. Cuci akar delima yang telah di keringkan (7gr), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring, dan minum airnya sekaligus.
  2. Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 gr) dengan 3 gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin saring, dan minum sekaligus sebelum makan pagi.
  3. Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.
  4. Masukkan bubuk biji delima kering (satu sendok makan) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.
Itulah sedikit tips dan cara mengobati cacingan secara alami dengan buah delima dan langkah pencegahan yang mesti dilakukan dengan penyakit ini. terimakasih dan semoga memberikan manfaat.
Cara Mengobati Cacingan Dengan Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif