Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mengatasi Stress Berat Saat Kerja atau Karena Keluarga

cara mengatasi stress saat kerja atau karena keluarga
img source: suksessehatdanbahagia.blogspot.com
Cara mengatasi stress saat kerja atau karena keluarga. Dalam artikel ini belajar kreatif akan menjelaskan tentang stress, Apa itu stress, pengertian stress, gejala stress, macam-macam stress dan cara mengatasi stress. Saat kerja ataupun saat melakukan kegiatan yang sedikit memberikan tekanan terhadap mental dan pikiran kita sehingga membuat perasaan gelisah dan tidak tenang berarti kita sedang mengalamigangguan stress. Stress bisa terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor lingkungan, faktor organisasi dan faktor pribadi.

Apakah stress itu?
Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting.

Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.
Stres adalah respons fisik normal ketika seseorang merasa terancam atau terganggu keseimbangannya. Tapi jika memiliki gejala berikut ini, maka Sobat ada kemungkinan mengalami stres tingkat tinggi.
Setiap orang kadang memiliki hari yang menegangkan, frustasi atau banyak tuntutan yang bisa memicunya mengalami stres kronis dan mudah terkena penyakit terutama yang menular.

Gejala seseorang mengalami stress

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan akibat mengalami stress seperti yang dijelaskan diatas. yaitu:
  • Muncul Jerawat di wajah;
  • Gusi sensitif;
  • Kulit gatal dan ruam;
  • Kedut di mata dan rambut rontok
  • Mudah tersinggung dan cepat marah.
  • Pilek yang terus menerus akibat berkurangnya kekebalan tubuh;
  • Mengalami gemeretak gigi saat tidur;
  • Mengalami gangguan atau nyeri di perut;
  • Terkena sakit punggung dan sakit kepala;
  • Gelisah dan Sulit tidur;
  • Sulit berpikir jernih;

Tips Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Saat kerja kita sering dihadapkan dengan tugas pekerjaan yang banyak dan dengan waktu yang singkat kita harus segera menyelesaikanya. Kondisi seperti ini bisa membuat kita stress. Iklim kerja yang tidak cocok dengan pribadi kita juga bisa menyebabkan stress. Nah, untuk itu dibawah ini ada beberapa tips mengatasi stress di tempat kerja.
  1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
  2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.
  3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
  4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
  5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan Jangan melakukan apapun. Ambil nafas dalam-dalam.
  6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
  8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
  9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.
Selain itu stress juga sering terjadi bukan di tempat kerja saja, di lingkungan keluarga dan lingkungan sosial kita shari-hari kadang juga membuat kita stress. Untuk itu sebaiknya simak juga cara menghilangkan stress berikut ini.

Dengarkan Musik

Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu Anda bekerja yang terbaik dan kemudian membuat koleksi musik untuk membantu Anda rileks dan merasa baik.

Salurkan lewat Hobi

Setiap Orang pasti memiliki kegiatan faforit atau hobi, dan bila seseorang sudah melakukan hobinya pasti hati dan pikirannya menjadi senang, untuk itu jika anda ingin menghilangkan stress salah satu caranya adalah dengan salurkan lewat hobi, seperti bermain bola, komputer, mendengarkan musik, bermain game dan sebagainya.

Lakukan Meditasi

Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Berteriak 

Salah satu tips stress yang terbukti ampuh menghilangkan atau mengurangi rasa stress adalah berteriak. Saat stress, kita akan merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Lepaskan saja perasaan tidak enak itu. Berteriak sekencang-kencangnya. Karena dengan itu anda akan merasa lebih enak dan mungkin dapat mengurangi atau bahkan dapat menghilangkan rasa stress tersebut.

Tidur

Selain Berteriak hal lain yang bisa kita lakukan untuk bisa mengatasi stress adalah Tidur. karena dengan tidur kita akan mendapatkan istirahat lebih yang dapat meregangkan otak dan pikiran anda dengan tidur juga anda akan lupa dengan kejadian yang terjadi sebelumnya.

Tertawa

Hal efektif selanjutnya untuk mengatasi stress adalah dengan tertawa, karena dengan tertawa hati kita akan senang dan rasa stress itu akan hilang dengan seketika. dan banyak cara untuk bisa tertawa seperti membaca cerita lucu, nonton video di youtube, baca kata kata lucu, dan masih banyak lagi

Berpikir kesisi positif 

Baca  tips membangun semangat diri yang positif
Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan telah di sistem kekebalan tubuh Anda dan kesejahteraan. Sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. Getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi Anda untuk bersantai. Lihatlah situasi tertentu berbeda. Mungkin cara Anda mencari mungkin menyebabkan tekanan yang banyak.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi stress saat kerja maupun di lingkungan keluarga dan lainya. semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Stress Berat Saat Kerja atau Karena Keluarga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif