Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungan Vitamin di Dalamnya

Manfaat jeruk nipis dan kandungan vitamin di dalamnya
Manfaat jeruk nipis dan kandungan vitamin di dalamnya – Jeruk nipis yang kita kenal dengan rasanya yang asam dan sedikit pahit dan sering dipakai sebagai penyegar minuman ternyata banyak memiliki  manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Jeruk nipis juga memiliki banyak kandungan vitamin, diantaranya yaitu vitamin A, Vitamin B1 dan vitamin C. Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, juga mengandung flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Buah jeruk nipis masak mengandung asam synephrine dan N-methyltyramine. Disamping itu juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan vitamin C.

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto.

Bagian - bagian jeruk nipis yang memiliki khasiat sebagai obat terdiri atas buah, bunga dan daunya. Dibawah ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat kita ambil.

Manfaat Buah Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis dapat kita gunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, diantaranya yaitu:
  1. Influenza, batuk;
  2. Lender di tenggorokan;
  3. Demam, panas, dan malaria;
  4. Melangsingkan badan;
  5. Ketombe;
  6. Menambah stamina; dan
  7. Haid yang tidak teratur.
 Untuk poin nomor 7, yaitu mengobati haid tidak teratur, selengkapnya dapat sobat baca cara mengobati haid tidak teratur dengan jeruk nipis.

Manfaat Bunga dan Daun Jeruk Nipis

Buah dan daun jeruk nipis dapat kita gunakan sebagai obat tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain dari manfaat diatas, Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan ketombe. Dan juga jeruk nipis dapat kita gunakan untuk obat jerawat. baca selengkapnya tentang mengobati jerawat dengan jeruk nipis.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat kita ambil untuk pengobatan penyakit dan  perawatan kecantikan. Ok. Sementara hanya sampai sini dulu ya, dan besok kita sambung lagi dengan pembahasan yang lebih dalam lagi tentang cara menggunakan jeruk nipis untuk pengobatan berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.
Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungan Vitamin di Dalamnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif