Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Komponen-Komponen Utama Camera Digital

Mengenal komponen utama kamera digital atau digital camera; Dalam camera digital terdapat beberapa komponen utama yang menjadi hal penting yang harus selalu kita perhatikan dan rawat. Sebagai seorang photographer tentu sudah banyak mengenal akan komponen camera digital ini. namun, bagi yang belum tau atau yang masih belajar berikut ini ada komponen-komponen utama camera digital yang mesti diperhatikan.

Pada dasarnya, komponen utama kamera digital terdiri atas: body camera, lensa, dan sensor elektronik penerima gambar.

Ketiga komponen tersebut pasti ada pada setiap kamera digital, apapun jnis kamera digitalnya. Sekarang mari kita lihat ketiga komponen utama tersebut.

1. Body Kamera


Body camera merupakan bentuk utama dari camera digital, bagian ini berfungsi sebagai ‘kamar gelap’ , tempat dimana cahaya yang masuk melalui lensa kemudian diterim oleh sensor elektronik (CCD/CMOS) dan diolah menjadi data biner, sampai kita bisa melihatnya menjadi gambar/foto. Pada body camera digital ini kita juga dapat menemukan bebagai menu dan fungsi yang terdapat pada kamera digital, namun setiap camera digital berbeda karakter dan bentuknya sesuai merek dari pabrikan pembuatnya.

Gambar komponen utama kamera digital


2. Lensa kamera ( Lens came)


Komponen utama yang kedua adalah lensa kamera. Lensa adalah mata dari sebuah kamera, lensa merupakan komponen camera yang menjadi media pertama kali yang menangkap cahaya untuk selanjutnya diolah menjadi sebuah gambar/foto digital. Lensa berfungsi layaknya sebuah mata pada camera digital. Pada bagian lensa terdapat aperture/diafragma, yang merupakan pengatur banyak atau sedikitnya cahaya yang masuk melalui lensa untuk diterima oleh sensor elektronik penerima gambar. selengkapnya tentang lensa kamera dapat anda baca di jenis-jenis lensa camera digital dan DSLR

3. Sensor elektronik penerima gambar

Komponen kamera digital yang ketiga yaitu sensor elektronik penerima gambar. Bagian inilah yang sebenarnya membedakan antara  camera analog (film) dengan kamera digital, karena bagian inilah yang menjadi pengganti peranan film sebagai penerima cahaya untuk kemudian dilanjutkan diolah menjadi sebuah gambar/foto. Ada dua jenis sensor elektronik penerima gambar yang diketahui, yaitu CCD (Charge Couple Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Keduanya dipakai oleh berbagai jenis kamera digital dan masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal teknologi, bentuk dan kinerjanya.

Selain 3 bagian utama diatas, kamera digital juga memiliki bagian-bagian lain yang mungkin pada setiap kamera digital berbeda bentuk dan letaknya karena perbedaan seri dan jenis kamera digital tersebut. Namun, secara umum, bagian-bagian tersebut terdapat pada hampir sebagian besar jenis kamera digital. Untuk membicarakan masalah bagian-bagian lain dari kamera digital tersebut akan kami bahas dalam posting selanjutnya.

Komponen-Komponen Utama Camera Digital Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif