Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Khasiat Jambu Biji Dan Kandungan Vitamin Di Dalamnya

Manfaat atau khasiat jambu biji dan kandungan vitamin di dalamnya
Manfaat atau khasiat jambu biji dan kandungan vitamin di dalamnya – Sobat tentu mengenal jambu biji, Tanaman dengan nama latin Psidium Guajava L selain buahnya yang rasanya manis kalau masak dan enak dimakan. Jambu biji juga memiliki khasiat dan manfaat lain yaitu untuk kesehatan karena jambu biji banyak kandungan vitamin di dalamnya diantaranya vitamin A, B1,C. selain itu juga berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit.  Khasit pada jambu biji terutama terletak pada buh dan daunnya.
  • Daun, rasanya manis, sifatnya netral, berkhasiat astrigen (pengelat), antidiare, antiradang, penghentian perdarahan (hemostatis), dan peluruh haid.
  • Buah, berkhasiat antioksidan karena kandungan betakaroten dn vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan kimia jambu biji

Jambu biji juga kaya akan kandungan kimia, terutama pada daun dan buah bahkan pada akarnya. Daun mengandung tanin, minyak asiri (eugenol), minyak lemak, dammar, zat samak, triterpenoid, asam malat, dan asam apfel.

Buah jambu biji mengandung asam amino (triptofan, lisin), pectin, kalsium, fosfor, besi, mangan, magnesium, belerang, dan vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin C,  saat menjelang matang kandungan vitamin C dapat mencapai 3-6 kali lipat lebih tinggi dari jeruk. Jambu biji juga kaya dengan serat yang larut dalam air, terutama dibagian kulitnya sehingga dapat mengganggu penyerapan glukosa dan lemak yang berasal dari makanan dan membuangnya keluar tubuh.

Selain kandungan diatas jambu biji juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk mengobati berbagai penyakit yang ada pada manusia. Utuk mengobati penyakit bagian yang sering digunakan yaitu daun dan buahnya. Namun terkadang akar dan ranting muda juga dimanfaatkan.

khasiat daun jambu biji dan manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan

  1. Diare akut dan kronis
  2. Perut kembung pada bayi dan anak;
  3. Kadar kolesterol darah meninggi;
  4. Haid tidak lancar;
  5. Sering buang air kecil (anyang anyangan)
  6. Luka dan luka berdarah dan
  7. Sariawan

Khasiat Buah Jambu Biji untuk pengobatan

  1. Kencing manis (Diabetes mellitus)
  2. Kadar kolesterol darah tinggi (hiperkolesterolemia); dan
  3. Sembelit.
Ranting Muda digunakan untuk pengobatan keputihan (leukorea) dan akar digunakan untuk pengobatan disentri.

Itulah beberapa khasiat dan kandungan vitamin dalam jambu biji. Semoga bermanfaat.


U6ZTVCVN9VBM
Khasiat Jambu Biji Dan Kandungan Vitamin Di Dalamnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif