Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Daftar Buah dan Sayur Sumber Vitamin C Terbesar

Daftar buah dan sayur sumber vitamin C terbesar – Tubuh ini sangat membutuhkan suplay vitamin C setiap harinya. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebgai penangkal berbagai penyakit, kekebalan, dan juga stamina. Untuk mendapatkan vitamin C sangatlah mudah, karena banyak buah dan sayur sumber vitamin C yang dapat kita konsumsi sertiap harinya. Mengkonsumsi vitamin C yang juga berfunsi sebagai antioksidan terbukti dapat menangkal virus-virus seperti virus flu, sehingga bila kita cukup memenuhi kebutuhan ini, maka kita akan lebih jarang mengalami flu. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air . Jadi jelas bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh kita. Belajar kreatif kali ini mencoba share daftar buah dan sayur sumber vitamin C terbesar yang ada di sekitar kita dan mudah untuk kita dapatkan.

Selama ini masyarakat lebih mengenal jeruk sebagai sumber vitamin C terbanyak, namun sebenarnya masih ada sumber vitamin C lain yang lebih tinggi kandungannya selain  jeruk.
daftar buah dan sayur sumber vitamin C terbesar

Vitamin C ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada jeruk.

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Vitamin c juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Melalui pengaruh pencahar, vitamini ini juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran. Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker.

Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun kebutuhan vitamin C itu berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada kebiasaan hidup masing-masing. Pada remaja, kebiasaan yang berpengaruh di antaranya adalah merokok, minum kopi, atau minuman beralkohol, konsumsi obat tertentu seperti obat antikejang, antibiotik tetrasiklin, antiartritis, obat tidur, dan kontrasepsi oral. Kebiasaan merokok menghilangkan 25% vitamin C dalam darah. Selain nikotin senyawa lain yang berdampak sama buruknya adalah kafein. Selain itu stres, demam, infeksi, dan berolahraga juga meningkatkan kebutuhan vitamin C.

Pemenuhan kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

Berikut ini adalah tabel daftar buah dan sayur sumber vitamin C terbesar yang kami susun dalam sebuah table dibawah ini.
    

No
Nama Buah dan Sayur
Kandungan Vitamin C   
 mg/100gr
1
Jambu Biji
108
2
Kiwi
100
3
Kelengkeng
84
4
Pepaya
62
5
Paprika Merah
190
6
Brokoli
118
7
Kubis
Setiap 1 cangkir kubis 80,4
8
Stroberi
56,7
9
Kembang Kol
50
10
Jeruk
30 - 50
11
Tomat
34
12
Cabe
84
13
Apel
5
14
Melon
42
15
Anggur
34
16
Buah Sukun
29
17
Mangga
28
18
Nanas
15
19
Pisang
9
20
Alpukat
8
21
Blewah
30
 22
Ubi Jalar
Setiap 1 ubi jalar 49,2 mg

Selain yang ada dalam table diatas sayuran seperti  kentang, kacang-kacangan, mini kol dan jenis sayuran hijau juga banyak kandungan vitamin C di dalamnya.
Daftar Buah dan Sayur Sumber Vitamin C Terbesar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif