Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Membuat Bubur Ayam Kuah Soto Super Enak

cara membuat resep bubur ayam kuah soto super enak yang sedikit berbeda dari bubur ayam lain
Artikel kali ini akan membahas cara membuat bubur ayam kuah soto super enak yang sengaja belajar kreatif share buat sobat semua yang ingin tahu lebih dalam tentang bubur ayam. Resep masakan bubur ayam sebenarnya sudah banyak  di bahas dan dishare di blog-blog lain, namun yang akan kita bahas kali ini yaitu bubur ayam kuah soto super enak yang sedikit berbeda dari bubur ayam lain.

Mengenal Bubur Ayam

Bubur ayam adalah salah satu jenis bubur yang terbuat dari nasi, namun diberi irisan kecil daging ayam sebagai pelengkapnya. Selain itu, ada juga orang yang menambahkan potongan kecil hati ayam, jeroan ayam, dan lain-lain.

Bubur ayam sangat banyak dijumpai di Indonesia. Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat/pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri yang membuat bubur ayam menjadi hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera kita.

Dalam penyajianya, bubur ayam disajikan dengan potongan daging ayam, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap menjadi penambah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan ini. Ada orang yang menambahkan cakwe sebagai pelengkap selain ayam, dan menjadi salah satu pilihan jenis bubur ayam yang banyak digemari. Seledri dan tongcai (sayuran yang diasinkan biasanya terbuat dari lobak) juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa.

Etelah mengenal bubur ayam berikut ini adalah cara membuat bubur ayam kuah soto super enak yang berbeda dari bubur ayam biasa yang Anda jumpai.

BUBUR AYAM KUAH SOTO

Bahan-bahan :

Bubur:

200 gr beras, cuci bersih, tiriskan
2 liter air
2 lembar daun pandan
2 lembar daun salam
1 sdt garam

Bumbu Kuah:

1 dada ayam
1 batang daun bawang dan 2 batang seledri
1 liter air
1 batang serai, 3 lembar daun jeruk, dan 2 cm jahe, memarkan
6 sdm Kecap rasa manis
3 sdm minyak goreng

Bumbu di Haluskan:

8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
5 butir kemiri, sangrai
1 sdm garam dan 1 sdt merica bubuk

Pelengkap:


100 gr kacang kedelai goreng
5 buah cakwe, iris
Irisan daun bawang, irisan seledri, bawang goreng, dan kerupuk merah
Sambal rebus atau sambal botolan

CARA MEMBUAT:
  1. Bubur: masak beras bersama air, daun pandan, salam, dan garam hingga menjadi bubur yang kental, angkat, sisihkan.
  2. Kuah: panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, angkat. Rebus ayam bersama tumisan bumbu, daun bawang, batang seledri, serai, daun jeruk, dan jahe hingga ayam lunak, angkat. Suwir-suwir ayam. Tambahkan KECAP BANGO rasa manis dalam kaldu sisa merebus, masak sebentar, angkat.
  3. Penyajian: siapkan mangkuk, isi dengan bubur dan ayam suwir. Taburi kacang kedelai goreng, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Tuangkan kuah soto secukupnya. Hias dengan kerupuk merah.
resep bubur ayam dengan takaran diatas cukup dihidangkan untuk: 8 orang. semoga bermanfaat.
Cara Membuat Bubur Ayam Kuah Soto Super Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif