Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional

Sebentar lagi Ujian Nasional tiba, bagi kalian yang masih duduk di bangku SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK ada beberapa jurus ampuh dan tips mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. Silahkan dibaca uraian berikut.

Menurut Bertens, dosen filsafat salah satu perguruan tinggi di Jakarta, proses belajar itu seperti proses memasang paku! Coba bayangkan, saat kita menancapkan paku di balok, tidak cukup hanya sekali tapi perlu berulang kali mengetoknya sehingga pakau menancap dengan kokoh. Nah, demikian juga dengan belajar. Menurut beliau, penancap paku pertama adalah guru kalian. Kemudian proses mengetok hingga ilmu menancap dengan mantap harus kalian lakukan sendiri. Tidak cukup sekali namun perlu berulang kali.

Untuk persiapan menghadapi ujian, dapat dibagi menjadi dua yaitu;

1. Persiapan Mental

 jurus ampuh dan tips mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional

Factor mental disini adalah kondisi psikologismu pada waktu akan mengerjakan dan ketika mengerjakan soal ujian. Jangan biarkan diri kalian dihinggapi kekhawatiran yang sebagian besar disebabkan karena rasa takut yang muncul karena imajinasi.  Ternyata ada juga imajinasi yang membahayakan lho!. tetapi berdasarkan realita, pada umumnya rasa takut itu berbeda kekhawatiran yang satu ini. rasa takut ini adalah rasa takut karena imajinasi atau bayangan yang tidak jelas sebabnya.
Biasanya pada saat seperti ini muncul imajinasi tentang kegagalan yang berkata, “Saya terlalu bodoh untuk mengerjakan ujian ini.” atau bisa juga muncul pikiran yang bisa mengecewakan diri sendiri dengan berkata, “Saya tahu saya tak akan pernah lulus ujian ini.”

Akibatnya fisik dan emosi kita bisa sama-sama terganggu. Kekhawatiran saat menghadapi ujian atau tes memiliki berbagai tingkatan, dari ringan samapi berat. Apa kalian tahu? Ternyata kekhawatiran bisa menjadi kronis lho. ini biasanya terjadi pada setiap tes ata ujian. Tidak peduli seberapa penting ujian itu. Disamping itu bahkan ada kekhawatiran akan tes yang bersifat akut, yaitu kekhawatiran yang hanya terjadi pada jenis tes atau ujian tertentu.

Namun jangan khawatir, karena ternyata ada juga kekhawatiran yang baik. Kekhawatiran yang ringan dalam menghadapi tes atau ujian ini berita baik buat kalian.  Kanapa? Karena kekhawatiran ringan itu memacu hormone andrenalin-mu sehingga menciptakan kewaspadaan yang akan membuatmu lebih fokus saat mengerjakan soal ujian.

2. Persiapan Fisik

Nah, sekarang waktunya mempersiapkan fisikmu untuk menghadapi ujian Nasional. Kondisi fisik setiap orang berbeda-beda namun pada dasarnya kebutuhan orang akan kesehatan itu sama, tergantung bagaimana usaha orang tersebut untuk memenuhinya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menyiapkan fisik kita menjelang ujian, di antaranya adalah:

  • Perhatikan asupan makananmu. Sebaiknya kamu banyak makan buah-buahan sehingga otakmu dapat bekerja lebih optimal. Telah ada penelitian di Institut Teknologi Massachusetts mengenai hal tersebut. Dalam penelitian itu para peneliti menemukan bahwa peserta tes mengalami penurunan kerja secara metal setelah memakan makanan yang berbeda. Ini berarti apa yang kita makan akan mempengaruhi kinerja otak kita.
  • Membiasakan berolahraga. Ini penting lho! kenapa? Karena dengan berolahraga tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Dengan kondisi tubuh yang sehat tentunya kita akan lebih semangat dalam mengerjakan berbagai aktivitas termasuk belajar. Dr. Bruce Tuckman, seorang professor penelitian pendidikan di Universitas Florida mengatakan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kinerja mental. Kesimpulan ini didasari oleh penelitiannya yang menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang ikut serta dalam program lari pagi selama lima belas minggu mendapatkan hasil lebih baik dalam tes kreativitas daripada anak-anak yang tidak melakukan olahraga.
Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif