Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Strategi Menghadapi Ulangan Umum dan Ujian Nasional

Strategi Menghadapi Ulangan Umum dan Ujian Nasional – bagi sobat kreatif yang kebetulan akan menghadapi ujian nasional atau ulangan umum baik ujian smesteran atau ujian kenaikan kelas ada beberapa tips dan strategi yang dapat kalian lakukan agar semua berjalan lancar dan sukses sesuai yang di harapkan.  Berikut ini adalah strategi ampuh agar sukses Ujian Nasional.

1.    Siapkan waktu sebaiuk mungkin

Gambar strategi cara menghadapi ulangan umum dan Ujian Nasional, ulangan harian, smesteran,

Selalu perhatikan urutan mata pelajaran yang akan di ujikan lalu jadwalkan waktu untuk belajar. Mulailah untuk mempelajari mata pelajaran yang diujikan terlebih dahulu mulai dari sekarang.

2.    Pelajari kembali catatanmu setiap hari

Setelah pulang sekolah, biasakan untuk mempelajari kembali catatan, hal ini dilakukan agar kita benar-benar mengerti pelajaran yang kita dapatkan di sekolah.

3.    Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang sebelumnya

Lihat kembali dimana kamu melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu soal tersebut eluar dalam soal ujian yang diujikan.

4.    Buatlah kelompok belajar

Dengan belajar berkelompok kalian dapat bertukar pikiran untuk membahas pelajaran yang kurang dimengerti atau sulit.

5.    Ikuti bimbingan belajar

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah serta apabila kalian tidak mengerti, kalian dapat menanyakanya langsung kepada guru bimbel tersebut.

6.    Jaga kesehatan tubuh

Konsumsilah makanan yang bergizi. Intinya, kita harus menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima hingga akhirnya kita dapat menyelesaikan ujian atau ulangan umum dengan baik.

7.    Percaya diri

Kadang kita merasa tidak “PeDe” (percaya diri) untuk dapat menyelesaikan ujian atau ulangan umum dengan baik. Buanglah jauh-jauh pikiran itu dan katakana pada diri sendiri bahwa kita siap menghadapinya dan akan mendapatkan nilai baik. Dengan mempunyai rasa percaya diri, kita dapat berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional.

8.    Selesaikan belajar sehari sebelum ujian atau ulangan umum dimulai


Biasanya kita sering tidak tidur di malam menjelang ujian atau ulangan umum, akibatnya kita merasa ngantuk keesokan harinya dan tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian atau ulangan umum dengan baik.

9.    Datanglah lebih awal

Usahakan datang lebih awal ke sekolah karena jika kalian terlambat yang akan kalian pikirkan adalah “semoga tidak terlambat”, karena merasa deg-degan, materi pelajaran yang sudah dipelajari jauh-jauh hari jadi terlupakan. Bayangkan kalau kalian datang lebih pagi kan bisa mengulang catatan.

10.    Membuat perencanaan yang baik

Ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki.

11.    Disiplin dalam belajar

Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius, tidak sambil main-main. Ingat bermain game dapat merusak konsentrasi belajar.

12.    Menjadi aktif bertanya dan ditanya


Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman, atau orang tua. Jika kita bertanya, biasanya kita akan ingat jawabanya.

13.    Belajar dengan serius dan tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat hal-hal penting yang tidak ada di buku siapa tahu itu akan keluar dalam ujian.

14.    Hindari belajar berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panic jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh murid yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam/bergadang untuk membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian, tetaplah tidur tepat waktu karena jika bergadang sampai larut malam akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

15.    Jujur dalam mengerjakan ulangan dan ujian


Hindari kegiatan mencontek, mencontek dapat membuat kita curang dan berbohong. Kebohongan seperti apapun tidak dapat di tutupi secara terus menerus.

16.    Membuat peta kekuatan


Kalian harus memiliki gambaran tentang diri sendiri. Missal pelajaran apa dan bagian mana yang belum kalian mengerti dan pahami. Maka tambahlah intensitas belajar kalian terhadap materi yang belum di kuasai. Ambil cara yang berbeda dan efektif.

17.    Menenangkan hati dan pikiran


Kesiapan dalam memahami materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan  hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, maka masa ujian akan dilalui dengan riang gembira dan bersemangat (antusias). Untuk itu, apabila memiliki masalah segeralah selesaikan dengan baik.

18.    Pandai-pandailah memilih serta memahami soal

Perhatikan secara cermat dan sekasama setiap soal yang ada, sehingga setiap sioal itu dapat dipahami dengan baik. Jangan salah menafsirkan maksud dari soal yang ada. Secara sepintas tandai dulu soal yang harus “diamankan dan diselamatkan” secara pasti. Jangan terpaku mengerjakan soal berdasarkan nomor urut walu itu juga tidak salah. Pilih dan kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.

19.    Hati-hati dalam mengisi lembar jawaban/LJ/LJK


Jika itu ujian nasional biasanya menggunakan lembar jawaban computer / LJK. Isilah data pribadi terlebih dahulu mulai nama dan nomor ujian, mata pelajaran, kelas sampai tanggal lahir dan lainya. Cocokkan semua data pribadi dengan kartu ujian agar tidak ada kesalahan dan jangan sampai berlobang atau robek.
Bawalah alat-alat tulis yang cukup agar kalian tenang saat mengerjakan soal ujian. Jangan mengandalkan teman karena itu akan mengganggu konsentrasi kalian.

20.    Memperbanyak do’a

Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Oleh karena itu, rajinlah berdo’a dan memohon kepada Tuhan YME.

21.    Pelajari kisi-kisi soal yang pernah diberikan

Pelajari kisi-kisi soal atau model soal yang kemungkinan keluar. Biasanya soal tidak jauh dari apa yang diajarkan oleh guru.
Strategi Menghadapi Ulangan Umum dan Ujian Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif