Strategi Cara Sukses Menjadi Juara Kelas

strategi cara sukses menjadi juara kelas
Siapa yang tidak mau cerdas, Siapa yang tidak mau pintar, Siapa yang tidak mau juara kelas?. Tentu semua menginginkan cerdas,pintar dan menjadi juara kelas bukan. Buat sobat kreatif  kali ini belajar kreatif share tentang strategi cara sukses menjadi juara kelas buat kalian semua yang selalu menginginkan menjadi seorang juara dalam segala hal, khususnya menjadi juara kelas.

Banyak cara menuju pintar, menjadi juara kelas, dan mudah memahami ilmu di kelas. Paling utama kita harus belajar. Itu wajib hukumnya sebagai pelajar. Senang atau tidak kita memang di tuntut untuk menguasai semua mata pelajaran yang ada. Terserah kita mau menekuni bidang apa. Perlu diingat bahwa semua ilmu yang kita pelajari pasti ada gunanya.

 Mungkin banyak yang nyeloteh “Banyak belajar banyak lupa, jarang belajar jarang lupa, apalagi nggak belajar enggak lupa”. Jelas itu merupakan omongan bagi yang malas belajar. Yang benar, ketika belajar justru akan melatih processor otak kita. Makin banyak berlatih makin bagus hasilnya. Adapun strategi dan cara sukses menjadi juara kelas yang harus kita persiapkan adalah:
  1. Membaca pelajaran secara menyeluruh, dan pahami isinya seperti kit abaca Koran dan melihat TV yang dengan mudah kita akan mengingat jalan ceritanya.
  2. Belajar dengan menghafal maksud, lebih mengidentifikasikan poin-poin penting, memahami rumus-rumus, mempelajari tingkat pemahaman, giat menyusun pertanyaan-pertanyaan, jangan mudah goyah, selalu mericek apa yang Anda hafal, dan membuat catatan kecil yang menarik.
  3. Konsentrasi dengan semua pengetahuan yang dipelajari, latihan menghafal, latihan berdiskusi, latihan mengerjakan soal yang ada, bahkan latihan mengarang atau berpikir kreatif.
  4. Hilangkan sifat jenuh dan bosan terhadap semua materi pelajaran dan kegiatan.
  5. Bersifat terus-menerus dan sabar dalam belajar.
  6. Hindari rasa malas dan tidak konsisten.
  7. Lengkapi semua catatan dan buku yang kita miliki, pelajarilah makna dan isi buku tersebut.
  8. Senang terhadap mata pelajaran, senang terhadap guru, senang terhadap model penyampaian guru, bangun komunikasi yang baik dengan guru dan teman-teman.
  9. Pentingkan prioritas dalam segala hal (belajar, berdiskusi atau kegiatan lain).
  10. Hindari pergaulan dan perkataan negative.
  11. Hindari semua permasalahan baik masalah kesehatan, emosional negative, dan problematika keluarga yang dapat mengganggu pikiran dan melemahkan daya ingat.
  12. Tetap semangat, konsisten  dan terus berusaha dan jangan lupa banyak ibadah dan berdo’a.
posting strategi cara sukses menjadi juara kelas ini merupakan  kelanjutan dari post sebelumnya yang pernah saya share juga di blog ini yaitu :

Macam-macam bentuk kecerdasan,
Langkah - langkah untuk memudahkan dalam belajar,
5 konsep pokok paradigma pembelajaran,
Empat jenis tipe belajar,
Strategi Menghadapi Ujian Nasional

semoga bermanfaat.
Share this article :
fb comment Comments
fb comment1 0 Comments

0 comments :

Post a Comment