Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Resep Nasi Rawon Daging Sapi Super Lezat

Nasi Rawon menjadi salah satu makanan khas Jawa yang terkenal enak dan memiliki citarasa yang unik. Jika pergi ke daerah Jawa Timur atau di sebagian wilayah Jawa Tengah sahabat kreatif pasti menjumpai makanan yang satu ini yaitu nasi rawon. Jika sobat kreatif pernah mendengar makanan rawon atau bahkan pernah mencobanya tentu sedikit banyak sudah tau kelezatan rasa Nasi Rawon kan. Nah, kali ini belajar kreatif akan share resep nasi rawon daging sapi super lezat buat kalian semua.

Selain dikenal di Indonesia ternyata rawon ini juga banyak dikenal di luar Indonesia loh. Banyak orang-orang dari Amerika dan Eropa yang mengenal dan datang ke Indonesia karena tertarik dan ingin mencicipi menu khas jawa yang satu ini yaitu rawon.

Cara masak Nasi Rawon Daging Sapi Super Lezat khas jawa tengah dan jawa timur

Rawon hanya bisa Anda temui di daerah Jawa karena memang makanan ini berasal dari jawa.  Mari kita kenal lebih dalam tentang nasi rawon yang lezat dan enak ini. Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandungkluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Di Daerah Jawa Timur banyak dijumpai penjual Rawon, terutama rawon Pasuruan banyak yang terkenal.
Resep Rawon Daging Sapi

Bahan-Bahan :
  • 300 gr daging sapi yang agak berlemak
  • 100 gr taoge pendek, dicuci bersih
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • Garam dan merica secukupnya
  • 6 gelas air
Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 3 buah kluwek, diambil isinya
  • 2 buah cabai merah
Cara membuat Rawon:
  1. Potonglah menjadi kotak-kotak kecil seluruh daging sapi yang ada. Kemudian panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis seluruh bumbu yang dihaluskan sampai harum bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  2. Setelah itu, di dalam panic yang sudah diisi 6 gelas air, masukkan potongan daging sapi dan bumbu yang dihaluskan tadi, rebuslah sampai daging sapi matang dan empuk.
  3. Sesekali di aduk dan apabila air mongering, tambahkan lagi sesuai selera.
  4. Stelah dirasa cukup dan sudah matang, Hidangkan dengan menaburkan taoge pendek di atasnya dan hias dengan daun jeruk.
  5. Siapkan nasi putih juga di meja hidangan, karena biasanya akan lebih nikmat dan lengkap jika dimakan bersama nasi puith.
Demikianlah resep nasi rawon super lezat yang belajar kreatif bisa share buat sobat semua. silahkan mencoba sendiri di rumah dan semoga berhasil.
Resep Nasi Rawon Daging Sapi Super Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif