Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Resep dan Cara Membuat Rendang Nan Lezat

Resep dan Cara Membuat Rendang Nan Lezat - Salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia yaitu rendang. Rendang merupakan salah satu masakan Indonesia yang menjadi makanan terenak di dunia. wow hebat bukan, jadi bangga nih menjadi warga Indonesia. Selain rendang masakan Indonesia yang menjadi makanan terenak di dunia yaitu ada Nasi goreng dan Sate. Namun untuk kali ini belajar kreatif akan memberikan resep dan cara membuat rendang nan lezat terlebih dulu sebelum nanti kita membahas nasi goreng dan sate.

Resep dan Cara Membuat Rendang Nan LezatSebenarnya apasih rending itu, dan dari mana asalnya?, mari kita kenal lebih dekat makanan khas Indonesia yang luar biasa ini.

Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya.

Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.
Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Cara Memasak dan Kandungan Bahan Rendang


Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.

Resep Rendang Nan Lezat

Bahan
  • 1 kg daging sapi, dipotong menjadi 15 biji
  • 2 liter santan dari 3 butir kelapa tua parut dan diperas.
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 5 lembar daun jeruk purut, diikat dengan daun kunyit.

Bumbu yang dihaluskan:

  • 12 – 20 cabai merah, digiling
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 5 cm lengkuas/laos
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga matang atau harum.
  2. Kemudian, masukkan santan bersama daun kunyit, daun jeruk dan serai, rebus hingga mendidih, lalu kecilkan apinya.
  3. Setelah itu masukkan daging yang sudah dipotong-potong dan aduk terus agar matangnya merata.
  4. Masak terus daging dengan api sedang hingga santanya mengental, agar kering dan dagingnya berubah menjadi empuk.
  5. Sesekali cek dan lihat apakah daging sudah empuk apa belum
  6. Setelah yakin dagingnya empuk, matikan api dan sajikan. Cara menyajikanya bisa dalam kondisi panas dan dingin, tergantung dengan selera. Dimakan dengan nasi juga lebih enak.

Resep dan Cara Membuat Rendang Nan Lezat

Di Padang, Rendang disajikan bersama daun singkong, telur dadar, dan kuah gulai dalam sajian Nasi Ramas Padang.

Itulah resep cara membuat rending nan lezat dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Resep dan Cara Membuat Rendang Nan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif