Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Macam-Macam Bentuk Tipe Kecerdasan Otak Manusia

Didalam artikel kali ini akan dijelaskan tentang Macam-macam kecerdasan otak manusia yang mungkin sebelumnya tidak anda sangka. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki kecerdasan yang tinggi. Selama ini di dalam pendidikan tolak ukur kecerdasan dalam diri anak diukur dari tinggi rendahnya nilai raport sekolah. Diakui, sebagian orang tua menjadikan raport sebagai tolak ukur dalam menentukan apakah anak mereka cerdas atau tidak. Padahal, semua anak memiliki kecerdasan. Hanya saja, mereka memiliki ber macam-macam tipe kecerdasan yang berbeda satu sama lainya.

Mungkin anak A memiliki nilai raport yang bagus, karena memang cerdas dalam bidang akademik, sementara anak B nilai rapornya tidak bagus, karena mungkin kurang berminat dalam bidang akademik, namun berminat pada bidang lain, seperti music, sastra, olahraga, atau kecerdasan yang lain.

gambar macam-macam kecerdasan otak manusia yang berbeda satu sama lainya

Albert Einstein, Bill Gates merupakan contoh tokoh yang semasa kecil memiliki kemampuan akademik yang pas-pasan. Tapi, siapa sangka Einstein dan Gates bisa sukses sebagai mahaguru fisika, teori relativitas dan Bill Gates sebagai orang terkaya dunia.

Kak seto mulyadi menerangkan, bahwa seorang psikolog Howard Gardner yang popular dengan teori Multiple Inteligences menegaskan skala kecerdasan yang selama ini dipakai ternyata memiliki banyak keterbatasan, sehingga kurang dapat meramalkan kinerja seseorang.

Menurut Gardner ada banyak macam macam kecerdasan, dan setiap orang memiliki tingkat kecerdasan berbeda untuk masing-masing kecerdasan itu, antara lain:

1. Kecerdasan Naturalis


Kemampuan untuk peka terhadap lingkungan alam, berinteraksi dan menyayangi binatang, dan pandai memelihara tumbuhan. Biasanya mereka senang di alam terbuka, misalnya pantai, hutan, gunung, cagar alam dan sebagainya. Mereka senang mengobservasi alam, misalnya macam bebatuan, jenis lapisan tanah, aneka flora dan fauna sampai benda-benda di angkasa.

2. Kecerdasan Matematik-Logika

Kecerdasan ini berkaitan dengan logika, pemikiran abstrak, angka-angka, dan sebagainya. Mereka yang memiliki kecerdasan tinggi di bidang ini menyukai berhitung, dan cepat dalam menyelesaikan problem matematika. Mereka juga menyukai permainan yang butuh banyak pemikiran, seperti catur dan teka-teki.

3. kecerdasan bahasa


Berkaitan dengan penggunaan bahasa dan kata-kata, baik secara tulisan maupun lisan. Biasanya anak yang memiliki kecerdasan bahasa menyukai kegiatan membaca, menulis karangan, membuat puisi, menyusun kata mutiara dan sebaginya. Anak ini juga memiliki daya ingat yang kuat, mulai dari mengingat nama orang, istilah baru, dan hal detail lainya.

4. Kecerdasan Intra-Personal

Kecerdasan ini berkaitan dengan diri sendiri. Mereka yang kecerdasan intrapersonalnya tinggi biasanya jadi introvert, perfeksionis dan lebih suka kerja sendiri. Anak ini menyukai kesunyian, kesendirian, merenung, dan berdialog dengan diri sendiri.

5. kecerdasan musical


Berkaitan dengan kepekaan terhadap suara-suara non verbal, ritma, dan aneka hal yang berhubungan dengan music. Anak-anak jenis ini cenderung senang sekali mendengarkan nada dan irama yang indah. Kecerdasan musical banyak terlihat pada penyanyi cilik atau pemain music cilik yang berbakat.

6. Kecerdasan Kinestetik
Kecerdasan ini berkaitan dengan gerakan. Biasanya dijumpai pada anak-anak yang unggul dalam olahraga, menari, atau berakting. Mereka aktif menggunakan bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah. Mereka juga lebih mudah belajar dengan cara melakukanya, daripada dengan membaca atau mendengarkan.

7. Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menciptakan imajinasi bentuk, termasuk bentuk tiga dimensi. Mereka yang memiliki kecerdasan ini berbakat menjadi pemahat patung atau arsitek suatu bangunan. Anak-anak demikian akan unggul dalam permainan mencari jejak, misalnya pada kegiatan kepramukaan.

8. Kecerdasan Interpersonal


Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal mudah bersosialisasi dengan lingkunganya. Mereka mampu memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga mampu menjalin persahabatan dengan teman-temannya, memiliki kemampuan memimpin, berorganisasi, menangani perselisihan teman, memperoleh simpati dari anak lain, dan sebagainya.

Dari penjelasan diatas bahwa kecerdasan otak manusia terbagi menjadi 8 macam. Manusia dilahirkan sudah dibekali kecerdasan dalam otaknya yang antara satu dan lainya memiliki perbedaan. Dengan melihat pembagian diatas mana kategori yang masuk pada diri kalian?. Silahkan dicari sendiri yah. Dan sebagai tambahan silahkan baca 7 aktivitas perangsang kecerdasan otak yang mungkin dapat menambah wawasan dan tentu memberikan manfaat buat kalian.

Macam-Macam Bentuk Tipe Kecerdasan Otak Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif