Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Khasiat dan manfaat Ceremai Untuk Pengobatan

Tumbuhan ceremai ini merupakan suku Euphoorbiaceae. Di beberapa daerah Indonesia namanya berbeda-beda. Di Aceh disebut ceremoi, crème (Gayo), ceremai (Melayu), camin-camin (Minangkabau), careme, crème (Sunda), crème (Jawa). Di Bali disebut Carmen, cermen, careme (Madura), dan sarume (Bima)
Ceremai (Phyllanthus acidus), yang sering kita sia-siakan ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk pengobatan loh. Bagi yang belum mengetahui manfaatnya sering menganggap bahwa ceremai merupakan tumbuhan yang tidak penting dan tidak bermanfaat. Namun, ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat ceremai untuk pengobatan berbagai penyakit pada manusia.

Tumbuhan ceremai ini merupakan suku Euphoorbiaceae. Di beberapa daerah Indonesia namanya berbeda-beda. Di Aceh disebut ceremoi, crème (Gayo), ceremai (Melayu), camin-camin (Minangkabau), careme, crème (Sunda), crème (Jawa). Di Bali disebut Carmen, cermen, careme (Madura), dan sarume (Bima). Pohon ini sebenarnya berasal dari India dapat tumbuh pada tanah ringan sampai tanah berat dan tahan akan kekurangan sampai kelebihan air. Ceremai banyak ditanam orang di halaman, di ladang dan di tempat lain sampai ketinggian 1.000 m dpl.

Sifat dan khasiat ceremai

Daun ceremai berbau khas aromatik, tidak berasa, dan berkhasiat sebagai peluruh dahak dan pencahar (purgative). Kulit akar dan buah berkhasiat sebagai pencahar.

Kandungan kimia ceremai

Daun, kulit batang, dan kayu ceremai mengandung saponin, flavonoida, tannin, dan polifenol. Akar mengandung saponin, asam galus, zat samak, dan zat beracun (toksik). Sedangkan buah mengandung vitamin C.

Manfaat dan cara pemakaian ceremai untuk pengobatan

Daun ceremai berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak, menguruskan badan, mual, kanker dan sariawan. Sedangkan kulit berkhasiat mengatasi penyakit asma dan sakit kulit. Biji berkhasiat untuk mengobati sembelit serta mual akibat perut kotor.

Mengobati Asma

  1. Siapkan biji ceremai sebanyak 6 biji, bawang merah 2 butir, akar kara (dolichos lablab) ¼ genggam, buah lengkeng (nephelium longanum) 8 butir, dicuci lalu ditumbuk seperlunya.
  2. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya, sehari 2 kali, masing-masing ¾ gelas.

Mengobati sembelit


  1. Siapkan biji ceremai sebanyak ¾ sendok the, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan ½ cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai rata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
  2. Siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 gr, dicuci lalu ditumbuk halus. Seduh dengan ½ gelas air panas lalu didinginkan. Hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.

Melangsingkan badan


Untuk melangsingkan badan, minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan menggunakan dalam jangka waktu lama.

Mengobati Kanker

Ceremai juga dapat dipakai untuk mengobati kanker loh, dan untuk cara mengobati kanker dengan ceremai baca selengkapnya disini

***Catatan penting*** :

Cairan akar ceremai beracun. Sebaiknya tidak menggunakan akar ceremai untuk pengobatan.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat ceremai untuk pengobatan yang dapat kami share buat sobat semua. semoga bermanfaat.
Khasiat dan manfaat Ceremai Untuk Pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif