Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Empat Jenis Gaya Dan Tipe Belajar Anak

Setiap anak mempunyai dan bekerja dengan model atau gaya belajarnya sendiri. Menurut David Kolb (1981) ada empat jenis gaya tipe belajar, antara lain:

a. Tipe Converger

empat jenis atau tipe belajar anak
anak yang memilki tipe konseptualisasi abstrak (berpikir) dan eksperimentasi (berbuat). Artinya, dalam kecenderungan belajar, anak lebih di dominasi oleh intelek (pemikiran) dan perbuatan mencoba-coba (dengan pengalaman praktis). Dengan demikian anak menghindari pengajaran yang hanya teoritis. Pelajaran teoritis dan praktis harus berjalan seimbang dalam proses pembelajaran anak.

b. Tipe diverger


tipe diverger, anak belajar melalui pengalaman kongkret (perasaan) dan observasi reflektif (pengamatan). Dengan tipe ini peserta didik lebih di dominasi oleh intuisi, perasaan, dan sensitivitas. Ia mengamati contoh yang di demonstrasikan oleh guru-guru dan menyimak hal-hal yang erat kaitanya dengan emosi seperti keindahan gerak dan suasana. Banyak seniman memiliki kecenderungan belajar seperti ini.

c. Tipe assimilator

tipe assimilator, anak belajar melalui konseptualisasi abstrak (kuat dalam berpikir) dengan observasi reflektif (pengamatan). Peserta didik dengan gaya belajar ini cenderung bersifat teoritis, enggan berbuat. Ia berorientasi pada buku-buku bacaan dan contoh-contoh.

d. Tipe accommodator


tipe accommodator, anak belajar melalui pengalaman kongkret (perasaan) dan eksperimentasi aktif (perbuatan). Peserta didik dengan kecenderungan belajar seperti ini lebih di dominasi oleh situasi dan hal-hal praktis. Instuisi dan tindakan praktis sangat di utamakan. Ia tak merasakan perlunya teori-teori yang berorientasi kepada buku sumber. Baginya pengalaman dan perbuatan aktif dilapangan adalah guru yang terbaik.


Ingat,.!!!


Model atau tipe belajar apapun boleh dilakukan asalkan kalian mampu menyerap semua materi pelajaran dengan baik sehingga menjadikan kalian pandai dalam menjawab persoalan maupun memecahkan masalah.
Empat Jenis Gaya Dan Tipe Belajar Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif