Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mengobati dan Mencegah Jerawat Batu Yang Mengganggu

Cara Mengobati dan Mencegah Jerawat Batu Yang Mengganggu
Cara mengobati dan mencegah jerawat batu yang mengganggu - Jerawat memang selalu menjadi masalah dan mengganggu penampilan karena kebanyakan letaknya berada di wajah dan tentu akan mengurangi kecantikan atau ketampanan karena kulit tidak halus lagi dan tampak benjol-benjol.  Umumnya jerawat terjadi pada seorang remaja.  Setiap orang  berpotensi  memiliki jerawat namun sebagian besar remaja cenderung memiliki masalah jerawat yang lebih hal ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Selain perubahan hormonal, kulit berminyak, produk berminyak yang digunakan untuk kulit dan rambut, obat yang dikonsumsi dan keringat berlebih adalah salah satu faktor penyebab jerawat. Bagi  yang memiliki jerawat tentu akan merasa malu dan kurang percaya diri. Ada beberapa tipe dan macam jerawat diantaranya adalah Jerawat Klasik (Jerawat biasa), jerawat batu / jerawat jagung (Cystic Acne ), Komedo, Jerawat radang, Jerawat konglobata, Jerawat dada dan punggung. Namun kali ini belajar kreatif akan share tentang cara mengobati dan mencegah jerawat batu terlebih dahulu.

Jerawat batu (cystic acne) adalah masalah yang sangat mengganggu penampilan dan memang susah disembuhkan. Selain karena bentuknya yang berukuran besar, warna jerawat batu juga begitu mencolok karena umumnya terlihat lebih menghitam dengan tekstur yang kasar. Jerawat batu juga biasanya disertai dengan peradangan (inflamasi) sehingga terasa lebih nyeri, menyebar di wajah dan merusak kulit.

Tahukah kalian apa itu jerawat batu?. Jerawat batu adalah jerawat yang terdapat di dalam kulit Anda akibat infeksi dan biasanya menyebabkan nyeri yang amat sangat. Jerawat batu berisi cairan atau udara dan sanagat lembut. Namun, beberapa dermatologists percaya bahwa jerawat batu bukan benar-benar kista namun hanya sebagai jerawat nodular yang meradang. Jerawat batu dapat terjadi pada leher, dada, wajah, dan punggung.

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu disebabkan oleh banyak faktor. Secara umum, ada beberapa faktor penyebab yang dapat kita bahas, antara lain:

  1.  Gaya hidup, terutama menyangkut jenis makanan dan minuman yang seringkali dikonsumsi. Sejumlah makanan tertentu yang mengandung lebih banyak lemak dan karbohidrat dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu. Faktor stress juga bisa memicu timbulnya jerawat.
  2. Faktor keturunan juga ikut berpengaruh. Anak-anak yang lahir dari orang tua dengan riwayat jerawat batu cenderung akan menjadi pewaris masalah yang sama.
  3. Alergi terhadap jenis makanan tertentu, biasanya lebih banyak karena makanan dari jenis sea food, seperti udang, ikan, kerang dan sebagainya.
  4. Kondisi kulit. Kulit yang sangat berminyak merupakan pemicu utama terjadinya jerawat batu. Kulit berminyak bisa disebabkan akibat faktor hormonal, diet tinggi lemak dan karbohidrat atau karena udara panas. Selain itu, kulit  yang mudah berkeringat juga bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat.
  5. Sel kulit mati. Regenerasi sel kulit yang lambat pun bisa mengundang datangnya jerawat. Hal ini biasanya terjadi pada usia dewasa dengan tanda-tanda pelepasan kulit mati yang tidak sempurna.
  6. Paparan sinar matahari dalam waktu lama dan intensitas tinggi. Meski diakui bahwa sinar matahari mengandung faktor pembentuk vitamin D, tetapi jika terpapar dalam waktu yang lama dengan intensitas tinggi, kulit juga bisa rusak, terutama kulit di area wajah. Kerusakan kulit wajah bisa menjadi awal datangnya serangan jerawat batu.
  7. Kosmetik wajah. Pemakaian kosmetik wajah yang berlebihan, misalnya cream pemutih wajah, bedak tabur dan produk lain yang mengandung bahan berbahaya. Hampir semua kosmetik wajah mengandung bahan kimia, kecuali yang benar-benar berbahan baku herbal. Nah, kosmetik yang mengandung bahan kimia jika dipakai berlebihan dalam waktu yang cukup lama sangat potensial menjadi perusak kulit wajah dan mengundang datangnya masalah kulit wajah seperti jerawat, atau pengelupasan kulit wajah.
  8. Penyumbatan kelenjar kulit.  Jika kelenjar sebacea pada kulit wajah tersunbat akibat kotoran, debu yang bercampur keringat dan minyak dari pori-pori wajah, maka dapat menyebabkan terjadinya jerawat batu.
  9. Bakteri juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat batu karena dapat berkembang biak di dalam kelenjar kulit yang tersumbat dan menghasilkan toxin yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara Mencegah Jerawat Batu

Cara terbaik untuk mencegah munculnya jerawat batu adalah melakukan diet makanan sehat yang alami. Usahakan mempunyai pola makan yang sehat dan teratur, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain mengandung vitamin, buah dan sayur juga mengandung banyak mineral. Nah, mineral yang baik untuk kesehatan kulit dan termasuk pembasmi jerawat adalah Zinc dan Kromium.

Zinc mengatur produksi kelenjar minyak dan berfungsi sebagai antioksidan, memurnikan dan pembentuk jaringan kulit dengan cepat,  juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang kaya akan Zinc adalah daging, makanan laut (sea food), produk susu dan kacang-kacangan.

Sementara Kromium membantu menjaga warna kulit yang sehat dan melawan infeksi dalam tubuh. Karena sulit untuk menelan kromium cukup dalam makanan sehari-hari, suplemen mungkin satu-satunya cara untuk memastikan tingkat kromium yang memadai. Kromium dapat diperoleh dari jamur, kenari, kacang tanah, kacang mete, almond, wortel, bayam, apel, pisang, dan jeruk.

Selain itu, suplemen vitamin dan mineral lainnya juga akan membantu terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan kulit, sehingga menjadikan kulit terlihat sehat lebih sempurna.

Cara Mengobati Jerawat Batu

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat batu yaitu cara medis /kedokteran atau modern dan cara alami atau herbal.

1.  Cara Menghilangkan Jerawat Batu ala Medis/Kedokteran


Cukup mudah cara ini, yaitu anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter kulit / spesialis wajah dan silahkan beritahukan tentang permasalahan jerawat batu anda. Umumnya anda akan diberikan tips-tips untuk melakukan perawatan kulit wajah seperti chemical peeling secara rutin. Coba tanyakan secara jelas dan detail kepada dokter mengenai hal ini agar anda bisa mengobati jerawat batu anda dengan aman dan maksimal.

Salah satu cara modern untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan melakukan electrocauterisasi. Proses ini dilakukan dengan cara mengeluarkan milium (isi jerawat batu) menggunakan jarum panas atau alat cauter khusus. Secara medis, pengobatan jerawat batu difokuskan pada 3 langkah utama, yaitu:

1.    Mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih
2.    Mengurangi penumpukan sel kulit mati
3.    Mengendalikan radang akibat bakteri

Selain dengan metode electrocauterisasi, dokter juga biasanya akan memberikan sejumlah obat jerawat oral untuk diminum untuk mengurangi produksi minyak berlebihan di kulit wajah Anda. Obat-obatan yang lain bisa berfungsi untuk membersihkan tumpukan minyak dan sel kulit mati di kulit wajah. Pemberian antibiotik juga mungkin akan dilakukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi akibat bakteri penyebab jerawat.
 
2.  Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Herbal / Alami

Untuk cara yang alami, anda bisa menggunakan buah-buahan bervitamin tinggi seperti tomat dan timun. Tomat mengandung vitamin A, B1, C, zat besi, belerang dan juga kalsium yang terbukti ampuh dalam mengatasi jerawat. Cara penggunaannya, cukup memotong tomat yang sudah masak menjadi 2 bagian kemudian gosokkan bagian dalam tomat tersebut pada wajah anda hingga rata. Tunggu sekitar 20-30 menit sampai wajah terasa ditarik baru kemudian dibilas. Lakukan hal ini rutin setidaknya 2 hari sekali.

Kemudian selain tomat ada juga mentimun yang termasuk sangat baik dalam mengatasi jerawat batu karena punya kandungan vitamin yang cukup tinggi seperti tomat. Cara penggunaannya dengan mengiris tipis-tipis  mentimun yang masih muda dan kemudian oleskan pada wajah anda yang terkena jerawat batu. Tunggu sekitar 30 menit baru kemudian bisa anda bilas. Lakukan hal ini 1-2 hari sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika tidak ingin repot-repot,  pengobatan alami menggunakan herbal sekarang sudah banyak di sediakan sabun atau herbal alami khusus untuk menghilangkan jerawat.
Sekian dan semoga bisa membantu.
Cara Mengobati dan Mencegah Jerawat Batu Yang Mengganggu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif