Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Membuat Gudeg Komplit Super Enak

Cara Membuat Gudeg Komplit Super Enak - Sobat kreatif tentu mengenal masakan khas yang satu ini. gudeng merupakan masakan khas asli Indonesia yang berasal dari daerah Yogyakarta dan Jawa tengah. Gudeg sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun luar negri. Banyak turis-turis asing di Yogyakarta yang sengaja datang hanya untuk merasakan masakan ini. dalam kesempatan ini belajar kreatif sedikit akan berbagi tentang resep cara membuat gudeg komplit yang terkenal enak dan lezat.

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Cara Membuat Gudeg Komplit super enak
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
  • Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.
Cara membuat gudeg komplit

Bahan-bahan:
  • 1 kg nangka yang tidak terlalu muda, potong-potong
  • 12 btr telur rebus (kupas kalau ingin bumbunya lebih meresap)
  • 1000 cc air kelapa atau 1 sdt cuka
  • 10 lbr daun salam
  • 8 iris lengkuas, ½ X 8 cm yang diiris menurut panjangnya
  • 200 gr gula merah, iris halus
  • 2000 cc santan dari 1 butir kelapa

Bumbu yang dihaluskan :

  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  •  4,5 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan gudeg itu memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, disarankan menggunakan jenis panic yang beralas tebal.

  1. Pertama-tama, Alaskan daun salam di dasar panic, kemudian taruh diatasnya irisan lengkuas.
  2. Campurkan bumbu halus dengan 500 cc air kelapa, aduk rata.
  3. Masukkan berturut-turut potongan nangka muda, telur rebus, gula merah, siramkan bumbu halus yang dilarutkan dalam air kelapa atau cuka.
  4. Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka dan telur tadi agar terendam, dan tutuplah panic rapat-rapat, masak di atas api sedang, selama kira-kira 2 jam.
  5. Setelah 2 jam, periksa dulu bagaimana kondisi air dalam panic, tujuanya untuk mengantisipasi agar tidak tiris. Caranya, angkat dahulu telurnya dan sisihkan, agar tidak hancur.
  6. Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nagka.
  7. Setelah itu masukkan kembali telurnya sampai sedikit terkubur dalam nangka. Dan masak lagi dengan api kecil selama minimal 3 ½ jam.
  8. Aduklah sesekali sampai santanya habis. Gudeg akan terlihat semakin cantik bila memiliki warna cokelat kemerahan, dengan kandungan kuah yang tersisa tinggal sedikit dan kental.
  9. Siramkan kuah opor ayam kental secukupnya di atas gudeg pada saat dihidangkan.

Begitulah langkah-langkah atau cara membuat gudeg komplit super enak yang dapat sobat coba dirumah. Semoga bermanfaat.
Cara Membuat Gudeg Komplit Super Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif