Cara Membuat Asem-Asem Daging Sapi Empuk

cara membuat asem-asem daging sapi empuk
Cara Membuat Asem-Asem Daging Sapi Empuk – Apa sobat kreatif tahu tentang masakan sejenis sayur yang satu ini?, masakan ini merupakan masakan khas daerah jawa dan kebanyakan dari Jawa Tengah. Masakan yang enak dan lezat ini sering disebut sebagai asem-asem. Mungkin bagi yang belum tahu masakan ini sekilas membayangkan seperti sayur asam yang rasanya juga asam, dan itu sedikit benar. Asam-asam daging sapi merupakan masakan sayur asam yang diolah dengan kombinasi sayur-sayuran seperti buncis, kacang panjang, wortel, kentang dan kubis dan daging sapi sebagai isi pokonya.

Bumbu yang digunakan hampi mirip seperti bumbu yang digunakan untuk membuat sayur asam yang menggunakan belimbing sayur atau asam jawa sebagai pemberi citarasa khas yaitu rasa masam. Nah, untuk lebih jelasnya belajar kreatif kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu asam-asam dan cara membuat asem-asem daging sapi enak dan empuk.

Dan cara membuat asem asem daging sapi ini juga sangat mudah. Jika sobat ingin membuat vareasi citarasa daging lain juga bisa selain menggunakan daging sapi, misalnya seperti daging kambing, ataupun daging kerbau. Kalau ingin membuat sayur asem asem daging ini terlihat lebih menarik dan rasanya lebih lezat, sobat kreatif bisa menggunakan sandung lamur atau lemak sapi, agar kuah daging lebih terasa enak dan sedap.

Bahan:

500 gr daging sapi (sengkel)
10 lbr daun kedondong
1/2 sdm garam
1/2 sdt gula pasir
2 ltr air
minyak goreng untuk menumis

Bumbu:

10 bh cabai rawit hijau, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
3 bh bawang merah, iris tipis
2 lbr daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 cm buah asam

Cara membuat:

  1. Rebus daging sampai empuk, angkat lalu potong-potong ukuran 3x2 cm.
  2. Tumis bumbu iris bersama daun salam dan lengkuas sampai harum dan matang.
  3. Masukkan potongan daging ke dalam air kaldu, masak lagi sebentar. Masukkan bumbu tumis, daun kedondong, garam, dan gula pasir. Masak sampai bumbu meresap.

Resep dengan ukuran bahan diatas pas untuk 6 orang

Itulah penjelasan tentang masakan asem-asem dan cara membuat asem-asem daging sapi empuk yang sementara dapat kami jelaskan. Silahkan dicoba saja jika sobat penasaran. Semoga bermanfaat.
Share this article :
Ahmad fankah -
Belajar Kreatif Updated at : 01:21