5 Cara Merawat Rambut Sehat Dengan Bahan Alami

cara merawat rambut sehat dengan bahan alami
Melanjutkan posting sebelumnya yang telah lebih dulu belajar kreatif share buat sobat yaitu cara sederhana meluruskan rambut, maka kali ini kami share lagi tentang 5 cara merawat rambut sehat dengan bahan alami. Selain biaya yang sangat murah dan kemungkinan resiko sangat kecil sekali,  bahan-bahan untuk Perawatan rambut alami yang akan kita pakai disini juga mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Rambut kepala merupakan salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting untuk selalu kita rawat dan jaga kesehatanya.   Selain sebagai pelindung kepala, rambut di kepala juga berfungsi sebagai penghias  yang membuat kepala terlihat lebih indah dan menawan. Bayangkan jika di kepala ini tidak ada rambut mungkin dari sekian banyak orang yang ada kita akan sulit untuk membedakannya karena semuanya botak. Kita juga tidak bisa membuat gaya atau style rambut kita berbeda dari orang lain. Itulah mengapa keberadaan rambut ini sangat penting dan harus selalu kita rawat.

Ada banyak sekali cara merawat rambut mulai dari cara yang mahal di salon – salon perawatan kecantikan dengan alat dan bahan yang mahal juga sampai dengan cara-cara alami untuk merawat rambut. Nah, kali ini beajar kreatif hanya ingin share tips merawat rambut sehat dengan bahan-bahan alami.

Mengatasi Ubanan Sebelum Waktunya

Uban adalah gejala yang wajar pada rambut setiap orang, namun jika terjadi sebelum waktunya merupakan masalah tersendiri.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan 30 gr biji pepaya yang telah matang disangrai, kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa, aduk rata lalu dioleskan pada rambut hingga merata. Biarkan selama 1-2 jam, setelah itu barulah dapat dibersihkan. Lakukan 1 minggu sekali.

Mewangikan rambut

Minyak rambut dipasaran kebanyakan akan berakibat tidak baik pada kesehatan rambut kita. Maka tidak ada salahnya jika kita memilih cara ini untuk membuat rambut menjadi wangi natural.

Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringanya untuk menggosok rambut setelah keramas.

Menyuburkan rambut

Karena masalah-masalah tertentu atau kurangnya nutrisi dan vitamin rambut, pertumbuhan rambut akan lambat dan tidak normal. Langkah yang harus diambil yaitu tentu membuat rambut menjadi tumbuh subur.

Untuk menyuburkan rambut gunakan 2 pelepah lidah buaya berukuran dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Untuk hasil maksimal lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan salah satu penyebab rambut menjadi rusak dan tidak sehat. Ketombe juga membuat kulit kepala gatal. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cara berikut.

Potong sebuah jeruk nipis menjadi 2-4 bagian. Gunakan untuk menggosokkan kulit kepala secara merata. Biarkan mongering beberapa lama, lalu dibilas.

Bahan lain untuk mengatasi ketombe yaitu menggunakan daun kecubung. Berikut caranya:
Cuci 2-3 lembar daun kecubung segar, lalu tumbuk sampai halus. Gosokan pada kulit kepala yang berketombe.

Membuat rambut Indah dan Sehat

Untuk membuat rambut menjadi indah dan sehat, sobat juga bisa melakukan cara perawatan berikut ini. perawtan ini menggunakan daun dan batang bandotan. Berikut cara penggunaanya.

Cuci daun dan batang bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain. Biarkan 2-3 jam. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat dan keramas sampai bersih. Lakukan perawatan ini satu sampai dua minggu sekali.
Share this article :
Ahmad fankah -
Belajar KreatifUpdated at : 18:04
Custom Search