2 Cara Membuat Kue Lapis Enak Dan Berbeda

Kenapa judulnya 2 Cara Membuat Kue Lapis Enak Dan Berbeda,? Sebenarnya cara membuat kue lapis sudah banyak di publish di internet, namun biar lebih komplit gak ada salahnya saya ikut berbagi cara membuat kue lapis ini kepada sobat semua. dalam posting kali ini saya akan bahgikan 2 cara membuat kue lapis yang berbeda dan sangat mudah untuk dilakukan. Namun sebelumnya mari sedikit kita mengenal apa itu sebenarnya kue lapis.

Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalahpandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).
Setelah mengetahui apa itu kue lapis, baik mari kita lanjutkan ke cara membuat kue lapis yang enak dan sedikit berbeda.

Membuat Kue Lapis Santan
 2 Cara Membuat Kue Lapis Enak Dan Berbeda, kue lapis santan

Bahan : 


  • 300 gram tepung beras 
  • 150 gram tepung kanji 
  • 300 gram gula pasir 
  • 1200 ml santan 
  • 4 lbr daun pandan 
  • 1 sdt garam 
  • pewarna sesukanya (kalo saya pakai pasta) 


Cara membuat : 


  1. Didihkan santan, daun pandan, gula pasir dan garam sambil diaduk. Campur tepung beras & tepung kanji . Tuang santan hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai adonan halus dan tercampur rata. 
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing beri warna sesuai selera. Panaskan dandang lalu taruh loyang didalamnya yang sudah diolesi minyak goreng. 
  3. Tuang kira kira dua sendok sayur adonan , Kukus selama 5 menit, lalu lapisi dengan lapisan yang kedua dan seterusnya kukus lagi 5 menit, Lakukan hal serupa sampai adonan habis dan terakhir kukus lagi 45 menit.
Membuat Kue lapis Susu


Cara Membuat Kue Lapis susu Enak Dan Berbeda

Selain kue lapis santan ada juga vareasi lain yaitu kue lapis susu. Berikut cara membuatnya;

Bahan Kue Lapis Susu

1. ½ kaleng susu kental manis
2. 200 gr gula pasir putih
3. 25 butir kuning telur yang dipisahkan dari putihnya
4. 4 butir putih telur saja diambil dan di sisihkan
5. 100 gr tepung terigu telah diayak
6. 1 sdm bahan SP/TBM untuk merenyahkan kue
7. 425 gr orchid butter yang dikocok
8. 1 sendok makan rum
9. ½ sendok teh vanilla
10. 25 gr fruit powder (jika ada)

Setelah semua bahan sudah siap sekarang giliranya cara atau proses membuat kue lapis susu legit dan enak;

  1. Kuning telur dan 4 butir putih telur bersama gula, vanila, SP/TBM, dan rum dikocok hingga naik atau agak mengembang
  2. Masukkan fruit powder, bersama terigu, dan terakhir tinggal masukkan mentega kocok. Dan tinggal panggang dengan api atas, 200°C.
  3. Dasar loyang diolesi mentega secukupnya dan kertas roti / minyak lalu dilapisi secara tipis dengan susu kental manis.
  4. Masukkan  3  hingga  4  sdm  adonan  yang  telah  jadi  dan  panggang kurang lebih lima menit.
  5. Setelah  tampak matang  dengan  berwarna  kekuning-kuningan,  olesi lagi dengan  susu  kental manis,  sambil ditekan-tekan  lapis atas  yang telah matang, masukkan lagi adonan sebanyak  langkah ssebelumnya lalu panggang lagi.
  6. Ulangi terus  cara di atas hingga adonan kue lapis habis. Dan  setelah adonan habis,  tata  kertas  roti di atas meja atau piring  sebagai  alas kue  lapis matang  yang akan dituang  terbakik  nantinya. 
  7. Dan  terakhir tinggal potong tipisa dan hidangkan

itulah 2 cara membuat kue lapis enak dan berbeda buat sobat semua dan bisa dicoba dengan judah sekali. semoga bermanfaat. Jika ingin mencoba resep kue yang lain baca aneka resep keu lengkap dan mudah.
Share this article :
Ahmad fankah -
Belajar KreatifUpdated at : 23:03
Custom Search