Tips trik belajar kreatif, motivasi belajar,tehnik membuat seni kerajinan,resep masakan,kesehatan,khasiat tanaman, buah, dan sayur, kecantikan,kecantikan alami,kata mutiara romantis,kata bijak, puisi,pantun,humor,motivasi sukses,info harga,peluang usaha,tips bisnis,tutorial seo, backlik,photografi dan budaya

Membuat minuman Manisan Kolang-kaling

Selamat sore sobat kreatif, resep kali ini yaitu membuat minuman manisan kolang-kaling yang menyegarkan, manisan ini cocok sebagai menu tambahan atau pendamping  makan siang Anda. Disamping bahan mudah kita dapatkan harganyapun cukup murah sekali dan Cara membuat minuman ini sangatlah mudah.

resep kali ini yaitu membuat minuman manisan kolang-kaling yang menyegarkan
Namun sebelum masuk ke pokok pembahasan, mari kita sama-sama mengenal apa itu kolang-kaling. Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes ini, dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, empat gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.
Anda dapat membuat fareasi olahan dari bahan dasar kolang-kaling ini yaitu menjadi manisan yang menyegarkan dan legit. Silahkan simak membuat minuman manisan kolang-kaling berikut ini.

Bahan :

  1. 500 gram kolang kaling
  2. 250 gram gula pasir, 300 ml air
  3. 4 lembar daun jeruk purut, dibuang tulang daunnya
  4. 2 sendok teh air jeruk lemon
  5. 1 kaleng minuman rasa stroberi
  6. 2 sendok makan susu kental manis putih
  7. 300 gram es serut
Cara membuat :
  1. Cuci kolang kaling sambil diremas-remas agar bersih, seduh dengan air panas, tiriskan.
  2. Rebus gula pasir dan air sampai mendidih. Masukkan kolang kaling, daun jeruk, daun pandan, dan pewarna merah. Masak sampai kental dan meresap.
  3. Sajikan kolang kaling bersama air jeruk lemon, minuman kaleng rasa stroberi, susu kental manis putih, dan es serut.

Itulah cara membuat minuman manisan kolang-kaling yang menyegarkan dan caranyapun sangat simple kan. Selamat mencoba dan menikmatinya.

Membuat minuman Manisan Kolang-kaling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahmad fankah