Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

gambar khasiat bawang putih untuk kesehatan

Bawang Putih yang sering kita lihat di dapur sebagai bumbu masak ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan loh, mengenai khasiat bawang putih untuk kesehatan beberapa diantaranya akan kami jelaskan disini.

Nama ilmiah dari bawang putih yaitu allium sativum merupakan jenis tanaman yang tidak asing bagi kita. Bawang putih termasuk jenis tumbuhan terna berumbi lapis atau suing yang bersusun rapi. Tanaman ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30 – 75 cm, mempunyai batang semu yang berbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akarnya terdiri dari serabut putih yang banyak jumlahnya.

Setiap ubi bawang putih terdiri dari jumlah anak bawang (suing) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih semula merupakan tanaman dataran tinggi, namun sekarang di Indonesia, jenis – jenis bawang tertentu di dataran rendah telah di budidayakan.

Bawang putih di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda-beda,  misalnya Garlic (Inggris) Bawang Putih (Indonesia), Bawang (Jawa), Bawang Bodas (Sunda), Bawang Handak (Lampung), Lasuna Pute (Bugis), Bhabang Pote (Madura); Kasuna (Bali), Kalfeo Foleu (Timor), Bawa Bodudo (Ternate).

Seperti yang sering sobat kreatif lihat, ternyata bawang putih ini memiliki kandungan kimia yang berguna sekali bagi kesehatan. Kandungan kimia alami bawang putih itu diantaranya protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikut ini adalah table kandungan kimia bawang putih . dari per 100 gram umbi bawang putih mengandung :

Kandungan
Berat
Protein
4,5 gram
Lemak
0,20 gram,
Hidrat arang
23,10 gram,
Vitamin B 1
0,22 miligram,
Vitamin C
15 miligram,
Kalori
95 kalori,
Posfor
134 miligram,
Kalsium
42 miligram,
Besi
I 1 miligram
Air
71 gram

Table diatas menunjukkan bahwa betapa banyak kandungan kimia alami yang terkandung dalam bawang putih dan berguna sekali buat kesehatan manusia. Dari beberapa penelitian bawang putih juga mengandung zat aktif awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, dan nicotinic acid.

Untuk kesehatan tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya yaitu:
  • Asma, Batuk dan Masuk Angin
  • Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Sakit Kepala
  • Ambieien
  • Sembelit
  • Sakit Kuning, sesak napas dan busung air.
  • Luka memar karena tikaman atau tusukan
  • Luka kena benda tajam berkarat
  • Sengatan serangga
  • Mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri
  • Sulit tidur
  • Mengusir cacing kremi dan cacing perut
Daftar penyakit diatas dapat diobati dengan menggunakan tanaman bawang putih ini, untuk cara penggunaan atau cara pengobatannya silahkan tunggu artikel selanjutnya.
Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif