Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mudah Membuat Sate Kambing Enak dan Empuk

Apa kabar sahabat kreatif, resep dari belajar kreatif kali ini yaitu cara mudah membuat satekambing enak dan empuk. Sate memang menjadi salah satu masakan kuliner khas Indonesia,  ada banyak jenis sate misalnya sate kambing, sate daging sapi, sate ayam dan lain-lain. Sebelum kita masuk ke cara membuat sate kambing ada baiknya anda persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan membuat sate kambing.

Alat
    Gambar cara membuat sate kambing enak dan empuk
  • Bakaran sate bisa menggunakan bakaran sate yang sederhana menggunakan arang atau bisa juga menggunakan double pan jika menhendaki yang lebih praktis dan enak.
  • Pisau , gunanya untuk memotong daging menjadi bentuk dadau, atau untuk mengiris bumbu.
  • Piring, untuk menaruh sate yang sudah jadi.
  • Piring atau tempat bumbu
  •  Kipas untuk membantu menyalakan dan meratakan nyala api
Bahan
  • Daging kambing yang masih segar
  • Tusuk sate, terbuat dari bambu 
Bumbu Sate
  • kecap manis
  •  bawang merah (iris tipis-tipis)
  • daun jeruk  (iris tipis)
  •  cabe rawit (iris tipis-tipis)
  •  mrica bubuk
  •  tomat  (iris tipis)
  • buah jeruk nipis diambil airnya saja dan di campur ke bumbu
  • bawang goreng sebagai penambah cita rasa
*campur semua bumbu diatas ke dalam piring atau magkuk.

stelah semua alat, bahan dan bumbu siap, selanjutnya tinggal proses pembakaran sate.  
  1.  Ambil daging yang telah di potong dadu dan tusuk dengan tusukan sate, isikan 5 saja dalam 1 tusuk . jarak daging dalam tusukan jangan terlalu rapat ini agar kematangan sate merata.
  2. Bakar daging yang sudah dalam tusukan ke tempat pembakaran sate sampai matang. Sesekali Oleskan kecap manis namun jangan terlalu sering di olesi karena akan menimbulkan efek gosong terhadap daging sate.
  3. Setelah matang, sajikan sate beserta pelengkapnya agar sajian terlihat indah dan cantik. Pelengkap untuk sajian bisa berupa tambahan bumbu kecap, kobis, mentimun, lada bubuk, bawang merah yang diiris tipis dan bisa juga di tambah daun slada.
Tips agar daging kambing menjadi enak dan empuk 
  1. Menggunakan daun pepaya
    Bungkus daging yang belum ditusuk dengan menggunakan daun pepaya. Diamkan selama kurleb 20 menit. Setelah itu daging jangan dicuci tetapi langsung ditusuk dan dibakar
  2. Menggunakan nanas parut.
    merendam daging dalam parutan nanas memang efektif membuat daging menjadi empuk, namun yang perlu kita ingat adalah kita tidak boleh merendam daging terlalu lama karena malah akan membuat daging menjadi hancur.
  3. Menggunakan air kelapa
    selain membuat daging menjadi empuk, merendam daging dengan air kelapa juga bisa menghilangkan bau amis pada daging.
  4. Menggunakan tepung kanji.
    sebelum dibakar, daging sate yang sudah ditusuk bisa dilumuri dengan sedikit tepung kanji. Diamkan kurleb 15 menit. Kemudian goyang-goyang sebentar untuk menghilangkan tepung kanjinya sebelum sate mulai dibakar
    .Saat membakar sate tidak boleh terkena api secara langsung karena akan membuat daging menjadi keras. cukup sampai daging berubah warna saja.  Source : www.carapedia.com 
Untuk cara penyajian , taruhlah sate yang telah dibakar diatas piring beserta bumbu dan pelengkapnya. Jika ingin di makan menggunakan nasi, taruhlah nasi diatas piring secara terpisah dan hidangkan. 

Sekian tips dari belajar kreatif tentang cara mudah membuat sate kambing enak dan empuk. semoga bermanfaat dan Selamat mecoba.

Cara Mudah Membuat Sate Kambing Enak dan Empuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif