Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mengenali Potensi Diri



Setiap orang memiliki potensi dan kelebihan dalam dirinya, namun tidak semua orang mengetahui bakat serta potensi yang dimilikinya. Maka belajar kreatif kali ini mencoba memberikan tips cara mengenali potensi diri buat sobat semua. kita lahir di bekali dengan akal dan kecerdasan. Setiap orang pasti memiliki kelebihan di bidang-bidang tertentu mungkin di bidang A atau di bidang B, C, D, dan sebagainya.

Berkaitan dengan menggali potensi diri muncul pertanyaan “ Hal-hal seperti apakah yang harus dilakukan untuk menggunakan waktu seproduktif mungkin?” Banyak, banyak banget. Itu tergantung dengan kebutuhan kamu. Tipsnya begini. Catat daftar pertanyaan yang akan dijawab oleh kamu sendiri, misalkan:
  • Apa cita-cita masa depan kamu?
  • Apa keinginan kamu yang sekarang belum tercapai?
  • Bagaimana cara memenuhi keinginan kamu?

Untuk poin dua, berisi suatu pencarian cara yang realistis. Disana kamu akan mengetahui bagaimana cara yang akan kamu lakukan sendiri tanpa harus mengharapkan sesuatu yang tidak pasti. Setelah itu, gunakanlah waktu dan ruang usaha sebagai media pencapaian cita-cita kamu.

Berbicara masalah cita-cita, apakah kamu pernah berfikir bahwa cita-cita tersebut dapat diukur dengan kemampuan kamu?

Mungkin orang bisa bilang : “gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Sebetulnya itu merupakan ungkapan yang mengandung motivasi. Jika barusan kami menyatakan; “Apa cita-citamu sesuai kemampuan kamu?’ jangan salah tanggap, ini bukan merupakan sikap pesimistik yang kami tawarkan untuk kamu tapi menengahkan antara cita-cita (masih hayalan) dengan realisasi. Nah, jika kamu psimis untuk bilang “mampu”, maka kamu harus menawari kemampuan kamu sendiri;

“Apa yang harus aku lakukan agar aku mampu?”

Inilah yang disebut pengenalan diri atau pengenalan bakat dimana kita menelusuri potensi yang kamu punya. Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing-masing; menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain dan mengerjakan yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain. Yakinlah setiap pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kita mengetahui kelebihan kita kea rah mana, kemudian kita menjalani hidup sesuai kelebihan yang kita punya, maka hidup yang dipilih akan lebih mudah dan lebih dinikmati.

Sebaliknya jika kita membiarkan hidup tanpa pengenalan diri dan merasa tidak selalu mudah mengenali potensi dan bakat unik yang dimiliki, maka hidup akan berlalu seperti terpaksa.

Namun sebaliknya, jika ada seseorang mengatakan bahwa sangat mudah mengenali diri potensi dan bakat unik yang dimiliki, pastilah orang tersebut sedang menipu diri sendiri. Sebagian orang bahkan tidak pernah sampai ketahap penemuan potensi  dan bakat uniknya hingga ahir hayat. Sebagian lagi baru menyadari potensi dan bakat uniknya setelah berusia lanjut, atau setelah mengalami berbagai krisis dan badai dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu jika ada seseorang yang berhasil menemukan bakat uniknya sejak sekolah dasar, dan berhasil mengembangkanya hingga memecahkan rekor dunia, patilah ia pantas menjadi guru kita.

Itulah sekelumit penjelasan tentang tips dan cara mengenali  potensi diri buat sobat kreatif, semoga sobat termasuk orang – orang yang mampu menemukan potensi dan bakat unik yang ada dalam diri sobat. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Cara Mengenali Potensi Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif