Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Mengenal Buah Blustru ( Luffa Cylindrica )

Kali ini belajar kreatif akan mengajak Anda untuk Mengenal Buah Blustru ( Luffa Cylindrica ) yag banyak sekali manfaat dan kegunaanya bagi kebutuhan manusia khusnya untuk obat dan kesehatan.
Blustru bisa kita temui di ladang – ladang, pekarangan,semak-semak dan merupakan jenis tanaman yang merambat.  Tanaman ini kadang juga tumbuh di tepi sungai atau pantai. Blustru tergolong tanaman yang mudah di pelihara.

Cirri-ciri tanaman ini adalah sebagai berikut :
  1. Daun tunggal, panjang tangkai daun 4-9 cm, dan letak berseling. Helaian daun bulat telur melebar, berlekuk menjari 5-7 buah, pangkal daun berbentuk jantung, tulang daun menonjol dibawah, warna permukaan atas daun hijau tua, warna permukaan bawah daun hijau muda, panjang 6-25 cm, serta lebar 7,5 – 27 cm.
  2.  Panjang batangnya dapat mencapai  2 – 10 m, memanjat dengan sulur-sulur (alat pembelit) yang keluar dari ketiak daun.
  3. Bunga berkelamin tunggal, terdapat dalam satu pohon. Mahkota bunga berwarna kuning.
  4. Bijinya gepeng dengan tepi berbentuk sayap, licin, berwarna hitam.
  5. Buah tergantung atau tergeletak diatas tanah, bentuknya silindris atau bulat memanjang, panjang 10 – 50 cm dengan garis tengah 5 – 10 cm, jika sudah tua berwarna cokelat.
  6. Bagian dalam buah yang sudah masak terdapat anyaman sabut yang rapat.
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari blustru ini, mulai dari daun, buah dan sabutnya. Buah blustru yang masih muda dapat di manfaatkan sebagai bahan sayur, sedang daun muda dapat digulai atau di botok. Sabutnya dapat digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga.

Selain tiga hal yang diatas, ternyata buah blustru memiliki banyak khasiat yang lainya. Bukan hanya buah daun dan serabutnya saja namun mulai dari akar sampai bunganya memiliki khasiat tersendiri.

Buah blustru rasanya manis, sifatnya sejuk, masuk meridian hati, lambung dan ginjal. Selain sebagai bahan sayur , buah blustru berkhasiat sebagai peluruh dahak, penghenti pendarahan (hemostatis), pencahar ringan, serta membersihkan panas (panas yang teraba atau perasaan panas di dalam) dan racun.

Biji blustru yang memiliki rasa pahit, sifatnya dingin dan beracun. Berkhasiat untuk menghilangkan panas,  peluruh kencing (diuretic), perangsang muntah dan masih banyak lagi khasiat tanaman blustru yang dapat anda jadikan sebagai obat untuk menjaga kesehatan Anda.

Untuk khasiat yang lainya silahkan baca selengkapnya dibawah ini.



Mengenal Buah Blustru ( Luffa Cylindrica ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif