Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Membuat Kebun Mini Dalam Stoples


Membuat kebun mini ini maksudnya adalah membuat kebun mini dalam stoples yaitu membuat kerajinan menanam bunga dalam stoples. Kita ingin selalu mendidik anak – anak agar selalu kraetif dan memiliki keterampilan dalam dirinya. Untuk memenuhi itu ada banyak kerajinan anak yang dapat kita jadikan bahan acuan untuk menggerakkan kreatifitas anak, salah satunya yaitu dengan cara membuat kebun dalam stoples.

Baik, ikuti langkah-langkahnya

Alat dan bahan:

  • Stoples yang berukuran besar
  • Sebungkus batu kerikil untuk berkebun
  • 1 bungkus kertas karton tebal yang berukuran panjang atau corong yang berukuran dari kertas
  • Tanah yang subur
  • Penjepit makanan
  • Tanaman kecil yang tidak terlalu cepat tumbuh dan bisa tumbuh di tempat lembab. Misalnya, pakis, lumut dan lain-lain.
  • Semprotan air


Langkah – langkah

  1. Masukkan kerikil setinggi 3 cm ke dalam stoples menggunakan kertas di gulung membentuk corong. Kerikil ini nanti berfungsi mengatur sirkulasi udara dan drainase.
  2. Masukkan tanah setinggi 5 sampai 8 cm ke dalam stoples dengan cara yang sama.
  3.  Ratakan tanah menggunakan sendok.
  4.  Masukkan tanaman ke dalam tanah yang ada di dalam stoples menggunakan penjepit makanan. Tanaman yang dimasukkan hendaknya tidak terlalu banyak agar tidak berdesak – desakan.
  5. Semprotkan air pada tanaman tersebut.
  6.  Letakkan kebun minimu di dekat jendela agar cukup terkena sinar matahari. Tetapi jangan terkena sinar matahari secara langsung dan jangan letakkan di dekat alat-alat elektronik.
  7. Terahir tipsnya yaitu siramlah tanaman secara rutin, tetapi jangan berlebihan. Jika kaca stoples tampak berembun, kemungkinan kamu terlalu banyak menyirami tanamanya.


Begitulah cara membuat kebun mini dalam stoples sebagai media kreatifitas atau kerajinan anak anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Membuat Kebun Mini Dalam Stoples Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif