Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Mengamankan Data Pada Jaringan LAN - Local Area Network

Tips trik Mengamankan Data Pada Jaringan LAN - Local Area Network
Langkah mengamankan data pada jaringan LAN sangat penting untuk dilakukan, ini berkaitan dengan keamanan data pada komputer kita. Ketikan komputer terhubung denga jaringan Local Area Network – LAN, sebaiknya sobat memperhatikan beberapa tips berikut ini agar data sobat aman tidak di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengamankan data pada jaringan LAN sobat bisa melakukan trik-trik berikut ini guna mencegah hacking file dalam komputer.
  1. Matikan file sharing di WIN 9X. untuk system administrator dalam melindungi sejumlah besar system, dapat menggunakan file system policy editor (poledit.exe). kegunaan dari utility ini adalah untuk menonaktifkan fasilitas file and sharing ke semua system.
  2. Non-aktifkan automatic sharing melalui parameter “AutoShare” pada registry. “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters”, dan “AutoShareServer” pada WinNT Server atau “AutoShareWks” pada WinNT Workstation. Isi DWORD ini, dengan nilai ‘1’ untuk enabled (default), atau nilai ‘0’ untuk disabled.
  3. Ketika kita membuka menu MyComputer di Windows XP, akan muncul sebuah folder bernama Shared Documents yang berada di bagian bawah daftar drive. Menu Microsoft ini berfungsi untuk menampung seluruh file dan folder yang di share ke jaringan. Lalu:
  • Jalankan Registry Editor Start-Run kemudian ketik regedit.
  • Masuklah ke subkey: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace\DelegateFolders.
  • Di bawah key DelegateFolders terdapat sebuah subkey lagi dengan nama {59031a47-3f72-44a7-89c5-5595fe6b30ee}. Pengguna komputer di jaringan lain tidak akan menemui folder yang sebelumnya secara default sudah di-share oleh Windows.
  • Shared folder - Jika menemukan folder dengan gambar tangan dibawahnya, berarti folder tersebut adalah folder yang kita sharing. Apabila ingin mencegah data tershare pada jaringan LAN, non-aktifkan shared folder tersebut dengan cara klik kanan folder, lalu pada Propertise = Sharing = hilangkan tanda centang pada Share this folder on the network. Lalu klik OK. Caranya dengan menghapus parameter Share:HKEY_LO-CAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Lanman-Server\

Itulah tips mengamankan data pada jaringan LAN – Local Area Network guna menjaga dokumen kita yang berada dalam komputer supaya aman dari kegiatan hack oleh orang yang ingin berbuat tidak baik terhadap data kita. Semoga bermanfaat.
Mengamankan Data Pada Jaringan LAN - Local Area Network Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif